IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENGAJARKAN KETERAMPILAN MENULIS ARAB SISWA DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

KHOIRO NATUZZAHRO', 126205202176 (2024) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER SENI KALIGRAFI DALAM MENGAJARKAN KETERAMPILAN MENULIS ARAB SISWA DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (584kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Natuzzahro’, Khoiro. 2024. Implementasi Ekstrakurikuler Seni Kaligrafi Dalam Mengajarkan Keterampilan Menulis Arab Siswa di SDI Al-Hidayah Samir, Ngunut, Tulungagung. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd. I. Kata Kunci : Implementasi, Ekstrakurikuler seni kaligrafi, Keterampilan menulis Arab Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis Arab membuat guru memanfaatkan kekurangan tersebut dengan potensi siswa yang unggul di bidang seni rupa. Guru berinovasi melalui ekstrakurikuler kaligrafi bercabang kontemporer dengan menerapkan variasi metode yang didalamnya terdapat teknik pengajaran yang menarik, sehingga dengan adanya implementasi ekstrakurikuler tersebut diharapkan guru bisa mengajarkan keterampilan menulis kaligrafi yang mampu mendorong kemampuan siswa dalam menulis Arab, mengembangkan bakat dan minat siswa, memberi kesempatan siswa berprestasi, serta bisa melestarikan seni kebudayaan Islam. Fokus pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis arab siswa melalui ekstrakurikuler seni Kaligrafi? (2) Bagaimana pelaksanaan yang dilakukan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis arab siswa melalui ekstrakurikuler seni Kaligrafi? (3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan guru dalam mengajarkan keterampilan menulis arab siswa melalui ekstrakurikuler seni Kaligrafi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan guru dalam upaya mengajarkan keterampilan menulis arab siswa melalui ekstrakurikuler seni Kaligrafi Islam di SDI Al-Hidayah Samir, Ngunut, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik dalam mengumpulkan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan, dimulai dengan guru merumuskan tujuan, menentukan materi, media, dan metode pengajaran yang meliputi (metode demonstrasi, metode latihan, dan metode penugasan), menentukan teknik-teknik pengajaran, mempersiapkan alat dan bahan, serta waktu dan tempat untuk melaksanakan ekstrakurikuler kaligrafi. (2) Pelaksanaan metode demonstrasi dilakukan guru dengan mempraktikkan kemudian ditirukan oleh siswa terkait bagaimana cara menulis kaligrafi, cara melakukan teknik doble pencil, teknik gradasi dan teknik ukir dalam mewarnai. Metode latihan sering dilaksanakan beriringan dengan metode demonstrasi, sedangkan metode penugasan dilaksanakan saat pekerjaan siswa belum selesai dan harus dilanjutkan di rumah. (3) Evaluasi yang diterapkan guru ada dua, yaitu menggunakan teknik non tes pada setiap pertemuan dan menggunakan teknik tes saat evaluasi akhir semester. Data tes hasil evaluasi akan diolah dan dianalisis sesuai kriteria-kriteria evaluasi yang meliputi (kebenaran tulisan, kerapian, keindahan dan harmonisasi warna, komposisi, kreativitas). Hasil evaluasi membuktikan bahwa implementasi ekstrakurikuler seni kaligrafi mampu mendorong kemampuan siswa dalam menulis Arab, keterampilan menggambar dan keterampilan mewarnai siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202176 KHOIRO NATUZZAHRO'
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:11
Last Modified: 09 Sep 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53011

Actions (login required)

View Item View Item