PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MI SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG

LINDA YULIANTI, 2817133091 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS III MI SUNAN AMPEL BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas III MI Sunan Ampel Bono Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Linda Yulianti, NIM. 2817133091, pembimbing Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Make A Match Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pengetahuan dan hasil belajar bahasa Arab di Kelas III MI Sunan Ampel rendah. Mengingat bahwa di kelas III MI Sunan Ampel mata pelajaran bahasa Arab merupakan tahap pertama dalam kurikulum pembelajaran karena pada kelas I dan kelas II. Mata pelajaran bahasa Arab masih dalam tahap pengenalan dan belum dimasukkan di kurikulum. Kelemahan mata pelajaran bahasa Arab di kelas III MI Sunan Ampel adalah di bagian mufrodat, karena itu peneliti melakukan penelitian mata pelajaran bahasa Arab khususnya bagian mufrodat. Peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyyah Sunan Ampel Bono, Boyolangu Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peningkatan keaktifan melalui penerapan model Make A Match pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel, Bono, Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan kerjasama melalui penerapan model Make A Match pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel, Bono, Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan model Make A Match pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel, Bono, Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono, Boyolangu, Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningkatan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono, Boyolangu, Tulungagung. (3) Untuk peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono, Boyolangu, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III pada mata pelajaran bahasa Arab materi “Salat yang Lima”. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono. Observasi dan dokumentasi untuk mengetahui kegiatan peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono dan peneliti, sedangkan wawancara untuk mengetahui data tentang peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 65. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan metode make a match menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik mulai pre test, post test siklus I, sampai post tes siklus II. Hal ini dapat diketahui dari nilai presentase siswa 36,3% (pre test), meningkat menjadi 59% (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 81,8% (post tes siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas III MI Sunan Ampel Bono, Boyolangu, Tulungagung. Meningkatkan keaktifan mulai 60% (siklus I) sampai 80% (siklusII) dan meningkatkan kerjasama mulai 69% (siklus I) sampai 87,2% (siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133091 LINDA YULIANTI
Date Deposited: 05 Jul 2017 03:35
Last Modified: 05 Jul 2017 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5308

Actions (login required)

View Item View Item