PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MI MIFTAHUL HUDA TULUNGAGUNG

AMANDA MUHIBATUL HUSNA, 126205201009 (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V MI MIFTAHUL HUDA TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover_merged.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung” ini ditulis oleh Amanda Muhibatul Husna, NIM.1262052010009 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: Metode, Diskusi Kelompok, Hasil Belajar,Minat Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh capaian hasil belajar Fiqih semakin menurun dikarenakan beberapa faktor salah satuya penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik dan kurang melibatkan peserta didik. Dengan demikian, peneliti memutuskan untuk menggunakan metode diskusi kelompok sebagai alternatif pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penerapan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung? (2) Adakah pengaruh penerapan metode diskusi kelompok terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penerapan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar dan minat siawa pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo Tulungagung? Penelitian mengguankan pendekatan kuantitatif jenis penelitian One Group Pretest-Postettest. Teknik sampling yang digunakan pengambilan sampel adalah Non probability jenis purposive sampling diberikan perlakuan pre-test dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Uji validasi 0,484>0,444 dikatakan valid karena lebih dari 0,444. Uji reabilitas Cronbach's Alpha 0.856- - 1,00 dapat dikatakan sangat reliabel. Uji normalitas 0,178 >0,05 dapat dikatakan normal. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metod diskusi kelompok (X) terhadap hasil belajar (Y1) dan minat siswa (Y2) pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Miftahul Huda Banjarejo. (2) Uji validitas niali pretest 0,551>0,444 dan posttest 0,666>0,444 dinyatakan valid. Uji reabilitas hasil pretest 0,860-1,00 dan hasil posttest 0,958-1,00 diaktakan alat ukur dalam penelitian tersebut “sangat reliabel”. Uji normalitas data pretest 0,087 >0,05 dan posttest 0,190>0,05, dapat dikatakan normal karena lebih besar dari 0.05. Uji hipotesis meam yaitu prestest 74.58 dan posttest 82.29 artinya ada perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest, dapat dikatakan nilai posttest lebih tinggi dari nilai pretest. Jadi ada perbedaan rata- rata antara hasil belajar prestest dengan posttest yang arinya ada pengaruh strategi pembelajaran metode diskusi kelompok (X) terhadap hasil belajar peserta didik (Y2). (3). Uji normalitas 0,178 >0,05 dapat dikatakan normal, Uji hipotesis meam yaitu prestest 74.58 dan posttest 82.29 artinya ada perbedaan signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest, Strategi pembelajaran menggunakan Metode diskusi kelompok (X) terhadap hasil belajar (Y1) dan minat belajar siswa (Y2).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201009 AMANDA MUHIBATUL HUSNA
Date Deposited: 10 Sep 2024 09:48
Last Modified: 10 Sep 2024 09:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53095

Actions (login required)

View Item View Item