PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

SITI KHOFIFAH, 2817133183 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MI AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (677kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Khofifah, NIM. 2817133183, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi pada rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik pada mata pelajaran Fiqih khususnya pada pokok bahasan manfaat zakat, infak dan sedekah yang hal ini juga berarti bahwa pemahaman dan minat belajar peserta didik termasuk dalam kategori rendah. Implementasi dari model pembelajaran yang digunakan dirasa kurang mampu membuat peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan adanya variasi dengan menggunakan model pembelajaran yang lain. Model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik, yang pada akhirnya model pembelajaran kooperatif tipe ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peningkatan kerjasama pada mata pelajaran Fiqih materi manfaat zakat, infak dan sedekah melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaiana peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi manfaat zakat, infak dan sedekah melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi manfaat zakat, infak dan sedekah melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kerjasama peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi manfaat zakat, infak dan sedekah melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi manfaat zakat, infak dan sedekah melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih materi manfaat zakat, infak dan sedekah melalui penerapan model kooperatif tipe snowball throwing peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni: 1) menyusun perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), 3) melaksanakan pengamatan (observing), 4) mengadakan refleksi (reflection). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yaitu terdiri dari 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) reduksi data, 2) menyajikan data, 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan, dan hasil belajar mata pelajaran Fiqih. Hal ini dapat dibuktikan dengan 1) Presentase pengamatan kerjasama peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 81,7% meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat baik. 2) Peningkatan keaktifan dapat dilihat dari prosentase siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu 80% meningkat menjadi 90% dengan kategori sangat baik. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik dari pre test ke siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata hasil pre test 62 (24,1%) meningkat pada siklus I menjadi 77,69 (65,5%) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 83,1 (86,2%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas IV MI Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133183 SITI KHOFIFAH
Date Deposited: 07 Jul 2017 04:13
Last Modified: 07 Jul 2017 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item