ASTRI HIDAYAH, 126204201012 (2024) PENGARUH PENDEKATAN INTERKONEKSI MATEMATIKA AL-QUR'AN DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (897kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Siswa menganggap bahwa matematika merupakan suatu mata pelajaran yang hanya memiliki satu jawaban benar, tidak perlu memahami kenapa dikerjakan dengan cara tertentu, dan hanya orang pintar saja yang menemukn dan membuat matematika, dan masalah matematika sedikit kaitannya dengan kehidupan nyata.sehingga ketika berlangsungnya pembelajaran matematika sebagian besar siswa kurang tertarik dengan mata pelajaran matematika dan menyebabkan motivasi siswa dalam belajar matematika menurun. Selain itu 40% dari siswa tidur di kelas ketika pembelajaran matematika sedang berlangsung. Dalam pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an ini pengembangan ilmu pengetahuan berbasis ayat Al-Qur’an pada ilmu matematika, yang dimana siswa lebih mudah memahami konsep matematika yang didasarkan ayat Al-Qur’an. Selain itu pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an ini juga didukung oleh model pembelajaran student team achievement division (STAD) Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengatahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an dengan model student team achievement division (STAD) terhadap disposisi matematis siswa kelas VII MTs Darul Hikmah, (2) untuk mengatahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an dengan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah, (3) untuk mengatahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an dengan model student team achievement division (STAD) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Darul Hikmah. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara propability sampling dan sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIH sebagai kelas eksperimen di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket(kuesioner) untuk mengetahui kemampuan disposisi matematis siswa dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah UJI MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an dengan model student team achievement division (STAD) terhadap disposisi matematis siswa.(2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an dengan model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan interkoneksi matematika Al-Qur’an dengan model student team achievement division (STAD) terhadap disposisi matematis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Perbandingan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201012 ASTRI HIDAYAH |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 09:20 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 09:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53750 |
Actions (login required)
View Item |