KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG

IKA WAHYUNI, 126205202099 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Wahyuni, Ika. 2024. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Operasi Hitung Pecahan pada Peserta Didik Kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir KritisPemecahan Masalah, Operasi Hitung Pecahan Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa siswa pada jenjang sekolah dasar hanya mengandalkan kemampuan menghafal rumus pada pembelajaran matematika tanpa memahami konsep dasar yang digunakan. Sehingga banyak siswa pada jenjang sekolah dasar yang tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis yang dimilikinya. Dengan demikian perlu adanya perhatian khusus pada kemampuan berpikir kritis siswa yang merupakan aspek penting dalam tujuan pembelajaran guna menghadapi permasalahan secara kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan (2) Untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik sedang dala m menyelesaikan soal operasi hitung pecahan (3) Untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan subjek sebanyak 6 siswa, yaitu 2 subjek mewakili siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, 2 subjek mewakili siswa berkemampuan akademik sedang, dan 2 subjek mewakili siswa yang memiliki akademik rendah. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian juga melakukan pengecekan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdsarkan hasil anaisis data yang dilakukan, ditemukan bahwa (1) siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yang memiliki kemampuan akademik tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang tinggi pula yaitu berada pada tingkat (TKBK 5), (2) siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik sedang juga memiliki kemampuan berpikir kritis matematis lumayan tinggi yaitu berada pada tingkat (TKBK 4 dan 3), (3) siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik rendah memiliki tingkat berpikir kritis matematis yang rendah yaitu berada pada tingkat (TKBK 2).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202099 IKA WAHYUNI
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:46
Last Modified: 04 Oct 2024 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53871

Actions (login required)

View Item View Item