IKA WAHYUNI, 126205202099 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (123kB) |
||
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Wahyuni, Ika. 2024. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Operasi Hitung Pecahan pada Peserta Didik Kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir KritisPemecahan Masalah, Operasi Hitung Pecahan Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa siswa pada jenjang sekolah dasar hanya mengandalkan kemampuan menghafal rumus pada pembelajaran matematika tanpa memahami konsep dasar yang digunakan. Sehingga banyak siswa pada jenjang sekolah dasar yang tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis yang dimilikinya. Dengan demikian perlu adanya perhatian khusus pada kemampuan berpikir kritis siswa yang merupakan aspek penting dalam tujuan pembelajaran guna menghadapi permasalahan secara kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik tinggi dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan (2) Untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik sedang dala m menyelesaikan soal operasi hitung pecahan (3) Untuk menjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis pada peserta didik kelas V di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik rendah dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan subjek sebanyak 6 siswa, yaitu 2 subjek mewakili siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, 2 subjek mewakili siswa berkemampuan akademik sedang, dan 2 subjek mewakili siswa yang memiliki akademik rendah. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian juga melakukan pengecekan data melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdsarkan hasil anaisis data yang dilakukan, ditemukan bahwa (1) siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yang memiliki kemampuan akademik tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang tinggi pula yaitu berada pada tingkat (TKBK 5), (2) siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik sedang juga memiliki kemampuan berpikir kritis matematis lumayan tinggi yaitu berada pada tingkat (TKBK 4 dan 3), (3) siswa kelas V MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung dengan kemampuan akademik rendah memiliki tingkat berpikir kritis matematis yang rendah yaitu berada pada tingkat (TKBK 2).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202099 IKA WAHYUNI |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:46 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53871 |
Actions (login required)
View Item |