ROBIKHAH AN-NISAI, 126304201046 (2024) TRANSFORMASI DAKWAH (Peran Chatbot Artificial Intelligence (AI) Dalam Komunikasi Dakwah). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (849kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
Abstract
Robikhah An-Nisai (2024) Transformasi Dakwah : Peran Chatbot Artificial Intelligence (AI) Dalam Komunikasi Dakwah. Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Lutfi Ulfa Ni’amah, M. Kom. I. Kata Kunci : Artificial Intelligence (AI), Chatbot, Dakwah, Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena teknologi Artificial Intelligence (AI) yang berkembang begitu signifikan di Indonesia dan hampir diterapkan di seluruh berbagai bidang salah satunya pada bidang dakwah. Perusahaan teknologi Muslim saat ini tengah aktif dalam mengembangkan chatbot AI sebagai sarana untuk memperluas jangkauan dakwah. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu (1) Bagaimana peran Chatbot Artificial Intelligence (AI) dalam komunikasi dakwah? (2) bagaimana bentuk-bentuk transformasi dakwah dengan memanfaatkan Chatbot Artificial Intelligence (AI)? Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) untuk menjelaskan konsep bagaimana peran Chatbot Artificial Intelligence (AI) dalam komunikasi dakwah. (2) untuk mengidentifikasi bagaimana bentuk-bentuk transformasi dakwah dengan memanfaatkan Chatbot Artificial Intelligence (AI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tiga teknik pengmpulan data yakni pertama observasi terhadap chatbot yang sudah dikembangkan pada aplikasi muslim. Kadua, studi lteratur terhadap berbagai sumber pustaka yang relevan tentang Artificial Intelligence (AI) , chatbot, dan dakwah. Ketiga, dokumentasi dalam setiap pengumpulan data. Dalam analisis data, data yang di kumpulkan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot AI adalah alat yang dapat digunakan dalam komunikasi dakwah. Peran chatbot AI dalam penyampaian pesan dakwah sangat efektif dan dapat digunakan dengan mudah, chatbot dapat membantu meningkatkan aksesibilitas informasi agama, memberikan interaksi yang dipersonalisasi, menjangkau lebih banyak orang, dan memberikan panduan spiritual kepada umat Islam. Pemanfaatan Chatbot AI dalam penyebaran pesan Islam telah membuka peluang transformasi dakwah yang lebih efektif, interaktif, dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Meskipun demikian, peran dai tetap penting dalam menyebarkan pesan agama secara langsung, dan penggunaan chatbot AI perlu diawasi agar tetap memberikan informasi yang benar dan sesuai. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang transformasi dakwah melalui teknologi AI dan pentingnya penggunaan chatbot AI secara bertanggung jawab dalam komunikasi dakwah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Teknologi Informasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304201046 ROBIKHAH AN-NISAI |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 01:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 01:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53920 |
Actions (login required)
View Item |