PENGARUH SELF CONCEPT DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK YATIM PIATU DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL KAMAL BLITAR

NAFI’A EL UMMAH, 126308202159 (2024) PENGARUH SELF CONCEPT DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK YATIM PIATU DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) AL KAMAL BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “ Pengaruh self concept dan social support terhadap motivasi belajar anak yatim piatu dilembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Al Kamal Blitar” Yang ditulis oleh Nafi’a El Ummah, NIM. 126308202159. pembimbing H. Abdulloh Chakim, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak asuh di lembaga kesejahteraan sosial yang telah yatim piatu. Menjadikan anak yang menginginkan perbaikan dalam hidup dan memperoleh ilmu yang agar mereka mempunyai kemampuan akademis yang tinggi, Memberikan motivasi belajar anak untuk memperbaiki kehidupan dan mendapatkan apa yang mereka harapkan guna memperoleh apa yang mereka cita-citakan. Beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar diantaranya adalah self concept dan social support. Self concept berkaitan dengan penilaian terhadap diri. Sedangkan social support dukungan dari lingkungan yang berharga dan bernilai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh self concept terhadap motivasi belajar anak yatim piatu di lembaga kesejahteran sosial anak (LKSA) Al kamal Blitar (2) Adakah pengaruh social support terhadap motivasi belajar anak yatim piatu di Lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Al Kamal Blitar (3) Adapak pengaruh self concept dan social support terhadap motivasi belajar anak yatim piatu di lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Al Kamal Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausalitas atau sebab akibat. Pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji Multikolonieritas serta uji hipotesis yang terdiri dari uji T Parsial, Uji T simultan dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bedasarkan uji hipotesis, ditemukan bahwa (1) Terdapat pengaruh self concept terhadap motivasi belajar anak yatim piatu dilembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Al Kamal Blitar. Hal ini dibuktikan dari nilai T xxi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,005 yang lebih kecil dari 0,05 dengan besaran pengaruh 16,1%. (2) terdapat pengaruh social support terhadap motivasi belajar anak yatim piatu di lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Al Kamal Blitar. Hal ini dibuktikan dengan nilai T parsial diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05 dengan besaran pengaruh 27,4 % (3) terdapat pengaruh self concept dan social support terhadap motivasi belajar anak yatim piatu dilembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA) Al Kamal Blitar. Hal ini dapat dilihat melalui nilai signifikansi F hitung sebesar 0,001 yang dimana lebih kecil dari 0,05 dengan besaran pengaruh 27,6% Kata Kunci : self concept, social support, motivasi belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308202159 NAFI'A EL UMMAH
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:50
Last Modified: 08 Oct 2024 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53937

Actions (login required)

View Item View Item