ASIFA RAHMATU ROSIDA, 1880501220018 (2024) PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH, PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN, DAN SELF-EFFICACY (EFIKASI DIRI) GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN BLITAR. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (405kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek kunci dalam pembangunan suatu negara. Guru, sebagai agen utama dalam proses pendidikan, memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kualitas pendidikan. Dalam konteks madrasah, kepala madrasah memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola sekolah dan meningkatkan kualitas pengajaran. Salah satu faktor penting yang memengaruhi profesionalisme guru adalah kompetensi manajerial kepala madrasah, pelaksanaan supervisi pendidikan, dan efikasi diri guru. Rumusan masalah tesis ini adalah (1) Seberapa baik kompetensi manajerial kepala madrasah, pelaksanaan supervisi pendidikan, self-efficacy (efikasi diri) guru dan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (2)Apakah ada pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap pelaksanaan supervisi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (3) Apakah ada pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap self-efficacy (efikasi diri) guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (4) Apakah ada pengaruh pelaksanaan supervisi pendidikan terhadap self-efficacy (efikasi diri) guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (5) Apakah ada pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (6) Apakah ada pengaruh pelaksanaan supervisi pendidikan terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (7) Apakah ada pengaruh self-efficacy (efikasi diri) guru terhadap profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (8) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala madrasah dengan self-efficacy (efikasi diri) guru melalui pelaksanaan supervisi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (9) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala madrasah dengan profesionalisme guru melalui pelaksanaan supervisi pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (10) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara kompetensi manajerial kepala madrasah dengan profesionalisme guru melalui melalui self-efficacy (efikasi diri) guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar? (11) Apakah ada pengaruh secara tidak langsung antara pelaksanaan supervisi pendidikan dengan profesionalisme guru melalui self-efficacy (efikasi diri) guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Blitar. Sampel diambil dari ketiga lembaga tersebut secara proporsional dengan jumlah total 67. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengisian kuesioner tertutup. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analyze). Hasil dari penelitian ini adalah ( 1) Deskripsi kompetensi manajerial kepala madrasah, pelaksanaan supervisi pendidikan, self efficacy (efikasi diri) guru dan profesionalisme guru, yaitu: (a) kompetensi manajerial kepala madrasah dengan rata-rata (mean) yaitu, 77,94 median 78,00 dan standar deviasi 8,116. (b) pelaksanaan supervisi pendidikan dengan rata-rata (mean) yaitu, 90,84 median 89,00 dan standar deviasi 8,547. (c) self efficacy (efikasi diri) guru dengan rata-rata (mean) yaitu, 70,64 median 72,00 dan standar deviasi 7,621. (d) profesionalisme guru dengan rata-rata (mean) yaitu, 160,73 median 161,00 dan standar deviasi 17,900. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan X1 terhadap X2 yang ditunjukkan oleh nilai thitung 7,143 > ttabel 2,74 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima (3) Terdapat pengaruh X1terhadap X3 yang ditunjukkan oleh nilai thitung 6,517 > ttabel 2,74 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (4) Terdapat pengaruh X2 terhadap X3 yang ditunjukkan oleh nilai thitung 3,498 > ttabel 2,74 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (5) Terdapat pengaruh X1terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai thitung 2,818 > ttabel 2,74 dan Sig 0,006 < 0,05 sehingga Ha diterima. (6) Terdapat pengaruh X2terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai thitung 6,061 > ttabel 2,74 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (7) Terdapat pengaruh X3 terhadap Y yang ditunjukkan oleh nilai thitung 4,085 > ttabel 2,74 dan Sig 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. (8) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara X1 dengan X 3 melalui X2 yang ditunjukkan oleh ρx3+(x1-x2) 0,508 > ρx3x1 0,217. (9) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara X1 dengan Y melalui X2 yang ditunjukkan oleh y+(x1-x2) 0,728 > ρyx1 0,330. (10) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara X1 dengan Y melalui X3 yang ditunjukkan oleh y+(x1-x3) 0,428 > ρyx1 0,330. (11) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara X2 dengan Y melalui X3 yang ditunjukkan oleh y+(x2-x3) 0,799 > ρyx2 0,601.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Kepemimpinan Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220018 ASIFA RAHMATU ROSIDA |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54015 |
Actions (login required)
View Item |