PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN 1 POGALAN

Sarik Windayani, 2814133173 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMPN 1 POGALAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Fenomena pembelajaran pada saat ini, siswa terkesan tidak aktif dalam belajar dan konsentrasi siswa belum sepenuhnya tertuju kepada penjelasan materi sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika kurang memuaskan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share (TPS)dengan media powerpoint yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Metode pengambilan data melalui observasi, tes dan dokumentasi dan analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media powerpoint lebih efektif daripada pembelajaran konvensional untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMPN 1 Pogalan.Hal ini ditunjukkan bahwa nilai t_(hitung )= 3,160>t_tabel= 1,99897dan juga pada taraf signifikansi 5% menunjukkan Sig. (2-tailed) = 0,002<0,05, dan (2) Besarnya efektivitasmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas VII SMPN 1 Pogalan adalah sebesar 0,8 dengan interpretasi nilai Cohen’s adalah 79% dan tergolong tinggi

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133173 Sarik Windayani
Date Deposited: 14 Jul 2017 03:42
Last Modified: 14 Jul 2017 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item