PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN PUCANGLABAN

Awanis Sarofina, 2811133047 (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN PUCANGLABAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Pucanglaban” ini ditulis oleh Awanis Sarofina, NIM 2811133047, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag Kata kunci : Cooperatif Learning Tipe Jigsaw, Fiqih. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena model pembelajaran merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan pembelajaran. Model-model pembelajaran membantu dan mengantarkan pendidik untuk lebih menarik dalam menyampaikan materi, serta menjadikan peserta didik aktif. Hal ini didukung bahwa dalam menyampaikan materi dengan model cooperatif learning tipe jigsaw itu merupakan model pembelajaran yang tepat. Karena dengan cooperatif tipe jigsaw menjadikan peserta didik lebih kreatif dan mampu mengungkapkan gagasannya. Penggunaan model cooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran fiqih sangatlah bagus. Pelajaran fiqih adalah pelajaran yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, sehingga peserta didik dapat memahaminya dengan cermat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban? 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban? 3) Bagaimana hasil penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban? Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah: 1) untuk mengetahui perencanaan penerapan cooperatif learning tipe jigsaw pada mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban. 2) untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban. 3) untuk mengetahui hasil penerapan cooperatif learning tipe jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Pucanglaban, pada awal bulanJanuari 2017 hingga selesai. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi atau data berupa ucapan, pikiran, gagasan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Observasi dilakukan secara langsung untuk mengamati proses pelaksanaan pembelajaran pada penerapan cooperatif learning tipe jigsaw mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban. Dokumentasi digunakan dalam penelitian ini untuk mencari data mengenai hal-hal yang berhubungan dengan hasil penelitian terkait penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam perencanaan penerapan model pembelajaran selain menyusun perangkat pembelajaran serta yang mendukung jigsaw, pendidik lebih dulu merencakan pendekatan terhadap pesertadidik yang bertujuan untuk mengetahui karakter setiap peserta didik. 2) pelaksanaan penerapan jigsaw pendidik menggunakan beberapa prosedur, yakni tahap diskusi kelompok tim ahli dan sikusi kelompok asal, serta tahap presentasi. 3) Sedangkan hasil dari penerapan jigsaw,peserta didik banyak yang bertanya, peserta didik senang dengan berbagai metode pendukung, kreativitas peserta didik berkembang, motivasi dan minat belajar peserta didik meningkat, dan peserta didik bebas mengemukakan gagasan. Dari penerapan tipe jigsaw juga dapat dilihat dariberbagai aspek berdasar pada aspek psikomotorik, afektif dan behaviouristik. Sehingga dalam penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw hasilnya sangat baik dan meningkatkan kreativitas dan aktivitas pesertadidik. Selain itu dalam penerapan model cooperatif learning tipe jigsaw mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban ada berbagai hambatan kurang fahamnya peserta didik dengan skenario model pembelajaran yang diterapkan, peserta didik terlihat malu-malu dalam mengungkapkangagasannya, peserta didik mempunyai latar belakang berbeda-beda, seperti lingkungan sosial, lingkungan, gaya belajar, keadaan ekonomi, dan tingkat kecerdasan, pendidik terkadang juga kurang matang mempersiapkan perangkat-perangkat pembelajaran yang sebenarnya tidak sedikit dan membutuhkan ketelatenan. Selain hambatan juga ada pendukung, adapun pendukung model cooperatif learning tipe jigsaw mata pelajaran fiqih di MTsN Pucanglaban yaitu kreatifitas guru dalam mengembangkan materi, antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, empati dari kepala madrasah dan orang tua, professionalisme pendidik dalam persiapan dan pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Awanis 2811133047 Sarofina
Date Deposited: 20 Jul 2017 06:27
Last Modified: 20 Jul 2017 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item