PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP RESPON PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 1 PANGGUNGREJO

YUNI ROHMATULLAILI, 12209193096 (2024) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP RESPON PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMPN 1 PANGGUNGREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (585kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Respon Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMPN 1 Panggungrejo” ini ditulis oleh Yuni Rohmatullaili, NIM. 12209193096 pembimbing Bagus Setiawan M.Pd. Kata Kunci: pendekatan saintifik, respon, peseta didik. Pendidikan merupakan suatu usaha untuk menuntun anak dari lahir hingga dewasa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak melalui proses belajar dan pembelajaran. Dalam kegiatan proses pembelajaran diharapkan ada tujuan yang sama antara pendidik dan peserta didik, sehingga tujuan tersebut akan cepat tercapai. Pendidik berperan sebagai motivator, fasilitator, dan membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendidikan juga menjadi factor penentu berkembang tidaknya seorang, sehingga untuk memperbaiki kualitas hidup, harus meningkatkan kualitas pendidikannya. pendekatan pembelajaran Scientific dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja tidak tergantung pada inforams i searah dari guru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuasi (quasy experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended inquiry terhadap respon peserta didik pada mata pelajaran IPS. Subjek yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII G dan VII F SMPN 1 Panggungrejo dengan jumlah total yaitu 192 siswa. Kelas VII G ditetapakan sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VII F ditetapkan sebagai kelas kontrol. Analis is data tentang pengaruh dari perbedaan penggunaan pendekatan saintifik terhadap respon peserta didik dilakukan menggunakan analisis Uji-T menggunaka n Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. dan data rata-rata nilai tes siswa. Pada kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah sedangkan kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) pada analis is Independent Sample T-test adalah 0,044 atau < 0,05. Nilai rata-rata posttest juga menunjukkan pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 80,38 untuk kelas eksperimen dan 78,85 untuk kelas control. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap respon pada mata pelajaran IPS. Melalui penelit ia n tersebut saran yang dapat diberikan untuk guru yaitu untuk menggunakan sumber belajar alternatif lainnya dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193096 YUNI ROHMATULLAILI
Date Deposited: 06 Dec 2024 01:20
Last Modified: 06 Dec 2024 01:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55026

Actions (login required)

View Item View Item