PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI ALJABAR DI MTsN GANDUSARI BLITAR

ZENY KHALIFATUL ULA, 2814133212 (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI ALJABAR DI MTsN GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJJUKAN.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Aljabar Di MTsN Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Zeny Khalifatul Ula, NIM. 2814133212, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M Kata Kunci: Quantum Teaching, Motivasi, Hasil belajar. Pendidikan merupakan dasar dari suatu peradaban bangsa. Pendidikan akan mencerminkan seberapa besar kemajuan dan perkembangan bangsa itu sendiri. Dengan pendidikan akan tercipta kekuatan kepribadian, keterampilan dan kecerdasan masyarakat. Matematika merupakan kajian pendidikan yang menurut mayoritas siswa masih dirasa sulit. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya : kurangnya motivasi dari siswa sendiri, siswa malas mengerjakan soal, mudah menyerah dan tidak mau mencoba, serta siswa juga sulit mengemukakan pendapat pada guru karena siswa merasa malu untuk bertanya dan kurang percaya diri karena takut salah dengan jawaban mereka sendiri yang berdampak pada hasil belajarnya. Untuk itulah seorang guru diuntut untuk menerapkan pembelajaran yang menarik sekaligus menyenangkan diantaranya adalah pembelajaran model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Quantum Teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa materi aljabar di MTsN Gandusari Blitar. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa materi aljabar di MTsN Gandusari Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Gandusari yang berjumlah 281 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data: 1) Dokumentasi; 2) wawancara; 3) Tes; 4) Angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah analisis uji Independent Sampe T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum teaching terhadap motivasi belajar matematika siswa materi aljabar di MTsN Gandusari Blitar. Hal ini dibuktikan dangan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 85,1, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80,25. Hasil uji statistik diperoleh t hitung sebesar 2,64 dan t tabel = 2,00 sehingga t hitung > t tabel. 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa materi aljabar di MTsN Gandusari Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 81 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 66,51. Hasil uji statistik diperoleh t hitung sebesar 4,58 dan t tabel = 2,00 sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133212 ZENY KHALIFATUL ULA
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:19
Last Modified: 25 Jul 2017 02:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item