SITI NURHIDAYATI, 126210201022 (2024) PENERAPAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI MA HASYIM ASY’ARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (115kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Penerapan Media YouTube dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MA Hasyim Asy’ari Tulungagung”. Ditulis oleh SITI NURHIDAYATI, Nim 126210201022, yang dibimbing langsung oleh Ibu Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Menulis, Teks Eksplanasi, Media YouTube. Penerapan media dalam proses pembelajaran menjadi keharusan dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kurikulum, keterampilan menulis berperan penting dalam mengasah kreativitas siswa. Materi yang dijadikan sebagai acuan mengasah kreativitas adalah materi teks eksplanasi. Berkaitan dengan hal tersebut, media yang digunakan oleh guru adalah media YouTube. YouTube merupakan situs video yang menyediakan berbagai informasi berupa gambar bergerak. Fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan media YouTube dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari Tulungagung Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari Tulungagung. Objek penelitian ini adalah media YouTube. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kedalam bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang dan disajikan secara tertulis dalam bentuk laporan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa guru pada tahap perencanaan adalah menyiapkan RPP, menentukan ide konten yang menarik, mengkaji dengan cermat konten yang disajikan, meringkas materi secara to the point, mengamati proses pembelajaran secara mendetail, dan mempersiapkan pertanyaan untuk mendorong keterlibatan komunikasi siswa. Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan guru memberi arahan atau panduan, memberi kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan, memastikan seluruh siswa memiliki telepon genggam, menetapkan batas waktu, dan memanfaatkan fitur yang ada pada media YouTube. Kemudian, tahap evaluasi guru melakukan pengamatan kelas, memberi tes tulis, melakukan wawancara singkat, rubrik penilaian dan evaluasi berkelanjutan. Berdasarkan pemaparan data tersebut, peneliti menemukan temuan bahwa penerapan media YouTube pada pembelajaran menulis teks ekplanasi efektif dan menunjukkan hasil yang sangat baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Literasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210201022 SITI NURHIDAYATI |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 06:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 06:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55134 |
Actions (login required)
View Item |