MARYA MONICA MARGARETA, 126201203334 (2024) PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
SAMPUL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (561kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (904kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pembiasaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MTsN 3 Tulungagung” ditulis oleh Marya Monica Margareta, NIM 126201203334, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Dhuha, Kedisiplinan Kedisiplinan peserta didik dalam melaksanakan shalat dhuha yang rendah, banyaknya peserta didik yang masih ringan untuk meninggalkan shalat baik wajib maupun sunnah. Sejatinya shalat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi umat Islam. Peningkatan kedisiplinan shalat dapat dilakukan melalui pembiasaan. Ini dilakukan agar peserta didik mempunyai kesadaran diri dan terbiasa untuk melaksanakan kewajiban tersebut. Sebagaimana yang dilakukan di MTsN 3 Tulungagung ini dengan membiasakan peserta didiknya dengan shalat dhuha berjamaah sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan Peserta Didik di MTsN 3 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripasikan dampak pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MTsN 3 Tulungagung. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui konduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha dilakukan setiap hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan shalat dhuha diawali dengan membaca asmaul husna secara bersama-sama kemudian melaksanakan shalat dhuha sebanyak 6 rakaat kemudian di akhiri dengan membaca do’a setelah shalat dhuha dan ditutup dengan membaca asmaul husna lagi secara bersama-sama. (2) Hambatan pembiasaan shalat dhuha yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya minat dan motivasi peserta didik, dan kurangnya Bapak Ibu guru yang bertugas. (3) Dampak pembiasaan shalat dhuha yaitu peserta didik bertambah tawadu’, berpengaruh terhadap karakter peserta didik, meningkatkan kedisiplinan peserta didik, meningkatkan rasa kecintaan kepada Allah Swt., memperoleh ketenangan sehingga lebih fokus selama proses pembelajaran, meningkatkan hafalan surah-surah pendek dan do’a shalat dhuha, menjadi terbiasa melaksanakan ibadah shalat dhuha di sekolah maupun di rumah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203334 MARYA MONICA MARGARETA |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:18 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55170 |
Actions (login required)
View Item |