STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PRAKTIK IBADAH SHALAT PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB PKK GEDEG MOJOKERTO

ISNAINI NUR ISLAMIAH, 126201202081 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PRAKTIK IBADAH SHALAT PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB PKK GEDEG MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Praktik Ibadah Shalat pada Anak Tunadaksa di SLB PKK Gedeg Mojokerto” ditulis oleh Isnaini Nur Islamiah, NIM. 126201202081. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata kunci : Strategi pembelajaran, guru PAI, praktik ibadah salat, tunadaksa. Penelitian ini dilatarbelakangi temuan bahwa penyampaiaan materi tentang ibadah shalat pada anak tunadaksa tidak semudah seperti anak normal pada umumnya. Anak tunadaksa memerlukan pola tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing dalam proses pembelajaran PAI yang berkenaan tentang praktik ibadah shalat. Kerja keras seorang guru sangat diperluakan dalam memberikan pelajaran tenatang praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLB PKK Gedeg. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLB PKK Gedeg? 2) Apa kendala strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLB PKK Gedeg? 3) Bagaimana solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLB PKK Gedeg? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah langkahnya mencakup persiapan penelitian, pengumpulan data, analisis, dan kesimpulan. Tujuannya adalah mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLB PKK Gedeg. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pengembangan keterampilan sosial dan akademis anak dilakukan melalui pendekatan pembelajaran personal berbasis interaksi langsung (face to face). Didukung oleh perencanaan sistematis menggunakan RPP dan Buku Paket serta pengaturan waktu dan metode demonstrasi yang diiringi evaluasi berkelanjutan untuk menilai efektivitas pencapaian pembelajaran. 2) Kendala, strategi guru pendidikan agama islam yaitu guru pendidikan agama islam menghadapi hambatan yang meliputi keterbatasan dalam mengevaluasi pemahaman konsep ibadah siswa, kekurangan sarana dan prasarana yang sesuai, serta kesulitan dalam memantau respons dan keterlibatan siswa selama pembelajaran berlangsung. 3) Solusi yang diimplementasikan mencakup penggunaan media visual dan audio sebagai alat bantu, pendekatan pembelajaran bertahap yang berfokus pada praktik ibadah shalat langsung, penggunaan perangkat bantu fisik dan teknis serta penerapan evaluasi formatif dan reflektif dalam melibatkan peran orang tua da terapis fisik sebagai dukungan tambahan. Penguatan motivasional juga diberikan untuk mendorong partisipasi aktif anak tunadaksa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202081 ISNAINI NUR ISLAMIAH
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:01
Last Modified: 19 Dec 2024 02:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55212

Actions (login required)

View Item View Item