ZEINA ULFA, 126201203237 (2024) PERAN GURU TAHFIDZ BAGI SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR'AN DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (793kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (791kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (664kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa MAN 1 Tulungagung yang kurang semangat dalam menghafal Al-Qur’an dan ada pula yang kesulitan dalam menambah dan menjaga hafalan yang sudah didapatkannya. Kemampuan menghafal mempunyai pengaruh yang besar bagi siswa, tanpa adanya kemampuan menghafal maka pembelajaran tidak akan berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa tentu tidak lepas dari peran seorang guru, sehingga dapat dilihat bahwa peran guru sangat penting dan berdampak besar terhadap kemampuan menghafal siswa, diantaranya guru sebagai motivator, inovator, dan evaluator. Yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan siswa. Tujuan adanya penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran guru tahfidz sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa di MAN 1 Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peran guru tahfidz sebagai inovator dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa di MAN 1 Tulungagung. (3) Mendeskripsikan peran guru tahfidz sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa di MAN 1 Tulungagung. Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MAN 1 Tulungagung. Data yang peneliti dapatkan dari Wakil kurikulum Sekolah, Guru Tahfidz, dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan data dokumen. Paparan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk Pengabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan cara perpanjangan kehadiran, diskusi sejawat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran guru tahfidz sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa dilakukan dengan memberikan target hafalan kepada siswa, memberikan teguran kepada siswa yang melanggar aturan, dan memberikan penghargaan belajar berupa sertifikat Tahfidz Al-Qur’an. (2) Peran guru tahfidz sebagai inovator dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa dilakukan dengan pelaksanaan metode tasmi’ dan muroja’ah. (3) Peran guru tahfidz sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an siswa dilakukan dengan menyimak langsung hafalan siswa dan memberikan nilai pada hafalan siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203237 ZEINA ULFA |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 02:54 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55372 |
Actions (login required)
View Item |