PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PRAMBON NGANJUK

MUHAMAD FAIZAL AQILA AKBAR, 126201202153 (2024) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk” ditulis oleh Muhamad Faizal Aqila Akbar selaku mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen pembimbing Ibu Ikhfi Khoulita M. Pd.I. Kata Kunci: Intensitas Penggunaan Smartphone, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah semakin majunya zaman di era modern yang menjadikan pendidikan di masa kini menjadi lebih canggih dan praktis dengan menggunakan media teknologi yaitu smartphone, yang menjadi salah satu media pembelajaran yang sangat banyak digunakan di Indonesia. Adanya era teknologi pembelajaran, banyak pihak lembaga sekolah memperbolehkan siswa membawa smartphone di sekolah. Oleh karena itu, guru menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran di sekolah sehingga siswa tidak lepas dalam menggunakan smartphone untuk mengikuti pembelajaran di sekolah. Akan tetapi smartphone memiliki pengaruh positif dan negatif bagi penggunanya, perlu diketahui apakah smartphone bisa mempengaruhi motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar siswa. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh smartphone bagi siswa dalam pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. (2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap disiplin belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. (3) Untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. (4) Untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan smartphone secara simultan terhadap motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dan metode penelitian expost facto. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer pada penelitian ini yaitu angket yang diberikan kepada 36 responden dari siswa kelas XI. Sedangkan teknik pengumpulan data sekunder adalah nilai rapot dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan teknik uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Adanya pengaruh negatif yang signifikan intensitas penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Dari hasil pengujian analisis regresi linier sederhana diperoleh sebesar -0,130 dan paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.009 < 0,05 yang berarti ada pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar. 2) Adanya pengaruh negatif yang signifikan intensitas penggunaan smartphone terhadap disiplin belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Dari hasil pengujian analisis regresi linier sederhana diperoleh sebesar -0,185 dan paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 yang berarti ada pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone terhadap disiplin belajar. 3) Adanya pengaruh negatif yang signifikan intensitas penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Dari hasil pengujian analisis regresi linier sederhana diperoleh sebesar -0,739 dan paired sample T-test diperoleh nilai Sig. 0,000<0,05 yang berarti ada pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone terhadap hasil belajar. 4) Adanya pengaruh yang signifikan intensitas penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 1 Prambon Nganjuk. Dari hasil pengujian MANOVA diperoleh nilai Sig. 0,000<0,05 yang berarti ada pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar, disiplin belajar dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Media Sosial
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202153 MUHAMAD FAIZAL AQILA AKBAR
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:34
Last Modified: 30 Dec 2024 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55389

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item