PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 9 BLITAR

LALA ALFIANA, 126209203134 (2024) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (791kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS di MTsN Blitar” ini ditulis oleh Lala Alfiana, NIM. 126209203134, dengan Dosen Pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran IPS Siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang rendah dapat disebabkan oleh belum terlatihnya siswa dalam menganalisis suatu masalah dalam pembelajaran. Kurangnya penerapan model pembelajaran yang berorientasi ke masalah mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi siswa dalam rangka melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTsN 9 Blitar; 2) untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis PBL dan kelas yang menggunakan metode konvensional kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTsN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 9 Blitar. Sampel penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil adalah dari siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sejumlah 34 siswa dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: 1) terdapat pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTsN 9 Blitar, yang dapat dibuktikan dengan hasil Uji-T dengan nilai sig.2-tailed posttest sebesar 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima; 2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis antara kelas yang menggunakan LKPD berbasis PBL dan kelas yang menggunakan metode konvensional siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTsN 9 Blitar, yang dapat dibuktikan dengan nilai N-Gain tingkat pengaruhnya sebesar 0,7326 (kategori tinggi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203134 LALA ALFIANA
Date Deposited: 06 Jan 2025 02:10
Last Modified: 06 Jan 2025 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55486

Actions (login required)

View Item View Item