IMPLEMENTASI NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SDI SUNAN GIRI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NICOLAS DAVID AZIZI, 12205193264 (2024) IMPLEMENTASI NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER HADRAH DI SDI SUNAN GIRI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Program Ekstrakurikuler Hadrah di SDI Sunan Giri Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Nicolas David Azizi, NIM 12205193264. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M. Fil, I. Kata Kunci: Nilai Profil Pelajar Pancasila, Ekstrakurikuler Hadrah Nilai profil pelajar Pancasila diperlukan sebagai upaya membentuk karakter dan kompetensi yang dicapai peserta didik berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. SDI Sunan Giri Sumbergempol Tulungagung yang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka serta mempunyai visi misi yang serius terkait jati diri dan pengembangan potensi peserta didik, ternyata telah menerapkan nilai profil pelajar Pancasila tidak hanya melalui pembelajaran intrakurikuler di dalam kelas saja, akan tetapi juga dalam pembelajaran ekstrakurikuler. Melalui program ekstrakurikuler hadrah dapat dijadikan salah satu opsi wadah dalam menerapkan nilai profil pelajar Pancasila yang sesuai dengan pedoman Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka yang dicetuskan oleh Kemendikbudristek. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilai profil pelajar beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, dan kreatif yang terbentuk dalam diri peserta didik melalui program ekstrakurikuler hadrah di SDI Sunan Giri Sumbergempol Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi nilai profil pelajar beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, kreatif yang terbentuk dalam diri peserta didik melalui program ekstrakurikuler hadrah di SDI Sunan Giri Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (study case) dengan mengambil penelitian di SDI Sunan Giri Sumbergempol Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan, serta pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa; (1) Nilai profil pelajar beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui ekstrakurikuler hadrah dilaksanakan dengan berdoa sebelum dan sesudah kegiatan ekstrakurikuler hadrah, pemberian ceramah tentang keagamaan dan motivasi semangat, (2) Nilai profil pelajar mandiri melalui ekstrakurikuler hadrah dilaksanakan dengan memulai latihan tanpa dampingan pembina, mengambil alat-alat hadrah sesuai dengan perannya, mengisi acara keagamaan di sekolah, dan menghadiri undangan selawat hadrah, (3) Nilai profil pelajar bergotong-royong melalui ekstrakurikuler hadrah dilaksanakan dengan bergotong-royong dalam mengambil dan mengembalikan alat-alat hadrah, membantu temannya yang belum menguasai alat hadrah, memberikan pengawasan pada saat latihan, dan berlatih secara kompak bersama-sama, (4) Nilai profil pelajar kreatif melalui ekstrakurikuler hadrah dilaksanakan dengan sering mengikuti perlombaan selawat hadrah, belajar variasi pukulan alat-alat hadrah, dan belajar menyanyikan lagu-lagu selawat terbaru yang viral atau sedang tren.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193264 NICOLAS DAVID AZIZI
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:24
Last Modified: 03 Mar 2025 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56118

Actions (login required)

View Item View Item