PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK PADA MATERI HIMPUNAN

ISRO’ ATUS SHOLIKHAH, 2814133093 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM GANDUSARI TRENGGALEK PADA MATERI HIMPUNAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek Pada Materi Himpunan” yang ditulis oleh Isro’ Atus Sholikhah ini dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Realistic Mathematics Education, hasil belajar, materi himpunan Fenomena yang terjadi saat ini adalah sebuah kondisi dimana siswa memiliki hasil belajar yang kurang maksimal. Hasil belajar matematika siswa yang kurang maksimal ini dipengaruhi oleh kurangnya minat siswa terhadap pelajaran yang mereka terima, selain itu siswa kurang aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hasil belajar matematika yang diharapkan maka diperlukan model pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dimana pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk menanamkan konsep melalui pengalamannya sendiri. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek pada materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari pada materi himpunan (2) mengetahui besarnya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari pada materi himpunan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek, sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol di SMP Islam Gandusari, Trenggalek. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes, dan data dokumentasi. Soal tes untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Islam Gandusari Trenggalek. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah 1) Uji hipotesis t-test, diperoleh thitung (4,166) >ttabel (2,000) (taraf 5%). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari pada materi himpunan”. 2) Besarnya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Gandusari pada materi himpunan adalah 54% tergolong interpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133093 ISRO’ ATUS SHOLIKHAH
Date Deposited: 01 Aug 2017 03:34
Last Modified: 01 Aug 2017 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5619

Actions (login required)

View Item View Item