CINDY AULIA SARI, 126204201068 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA ROLE CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Cindy Aulia Sari, 2024, “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Role Card terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar”. Skripsi, Prodi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Role Card, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan Motivasi Belajar Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dengan media Role Card terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dengan media Role Card terhadap motivasi belajar matematika siswa, dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dengan media Role Card terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment) dan menggunakan rancangan posttest-only control group design. Sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Kelas VII C dijadikan sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung, sedangkan kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model TGT dengan media Role Card. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran TGT dengan media Role Card terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen mencapai 88,36 meningkat signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai skor 76,85. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti bahwa model TGT dengan media Role Card mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan. (2) Terdapat pengaruh signifikan pada motivasi belajar siswa. Hasil angket motivasi belajar menunjukkan peningkatan pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor motivasi sebesar 80,66 sedangkan kelas kontrol hanya mencapai skor 77,26. Selain itu, hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan model TGT dengan media Role Card terhadap motivasi belajar siswa. (3) Penerapan model pembelajaran TGT dengan media Role Card secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis maupun motivasi belajar matematika siswa. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model TGT dengan media Role Card terhadap kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201068 CINDY AULIA SARI |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 06:12 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 06:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56223 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |