MUHAMMAD ZUHFRI ZAINUDDIN, 126205202157 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF KELAS III DI SDN 4 MLINJON KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
![]() |
Text
BAB VI..pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas III di SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Zuhfri Zainuddin, NIM. 126205202157, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendekatan Komunikatif, Kelas III Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas III di SDN 4 Mlinjon, yang berdampak pada kurang lancarnya siswa dalam membaca. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa secara efektif dan menyeluruh. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam melaksanakan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana Bentuk evaluasi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SDN 4 Mlinjon, Kabupaten Trenggalek. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif melibatkan berbagai metode seperti diskusi, tanya jawab, dan kerja kelompok efektif digunakan. Guru-guru juga menggunakan sumber belajar yang bervariasi, termasuk buku siswa dan media pendukung lainnya, untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa diperlukan adanya evaluasi makanya penggunakan bentuk evauluasi berupa tes lisan dan tes tulis pada keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif sangat efektif dan efisien digunakan dalam proses pembelajaran. Dibuktikan dari hasil evaluasi yaitu siswa lancar dalam membaca cerita, sikap pada saat membaca cerita tidak gugup / percaya diri, siswa membaca dengan struktur kalimat pada cerita dengan tepat, dan siswa pada saat membaca cerita pelafalannya sudah bagus. Faktor pendukung dalam implementasi strategi ini meliputi peran guru yang proaktif dalam membimbing siswa. Namun, beberapa hambatan juga ditemukan, seperti kurangnya kesadaran dan minat siswa terhadap pentingnya keterampilan membaca. Dampak dari penerapan strategi guru dalam melaksanakan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif ini cukup signifikan. Siswa menjadi lebih lancar dalam membaca di depan kelas, lancar dalam bercerita , dan lebih terbiasa menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam berkomunikasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan komunikatif merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III di SDN 4 Mlinjon.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa Dan Sastra > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202157 MUHAMMAD ZUHFRI ZAINUDDIN |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 02:33 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |