STRATEGI GURU DALAM MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF KELAS III DI SDN 4 MLINJON KABUPATEN TRENGGALEK

MUHAMMAD ZUHFRI ZAINUDDIN, 126205202157 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATAKAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF KELAS III DI SDN 4 MLINJON KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
BAB VI..pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas III di SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Zuhfri Zainuddin, NIM. 126205202157, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendekatan Komunikatif, Kelas III Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas III di SDN 4 Mlinjon, yang berdampak pada kurang lancarnya siswa dalam membaca. Untuk mengatasi hal ini, diterapkan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa secara efektif dan menyeluruh. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam melaksanakan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif dalam meningkatkan keterampilan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek? 2) Bagaimana Bentuk evaluasi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 4 Mlinjon Kabupaten Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SDN 4 Mlinjon, Kabupaten Trenggalek. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif melibatkan berbagai metode seperti diskusi, tanya jawab, dan kerja kelompok efektif digunakan. Guru-guru juga menggunakan sumber belajar yang bervariasi, termasuk buku siswa dan media pendukung lainnya, untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa diperlukan adanya evaluasi makanya penggunakan bentuk evauluasi berupa tes lisan dan tes tulis pada keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif sangat efektif dan efisien digunakan dalam proses pembelajaran. Dibuktikan dari hasil evaluasi yaitu siswa lancar dalam membaca cerita, sikap pada saat membaca cerita tidak gugup / percaya diri, siswa membaca dengan struktur kalimat pada cerita dengan tepat, dan siswa pada saat membaca cerita pelafalannya sudah bagus. Faktor pendukung dalam implementasi strategi ini meliputi peran guru yang proaktif dalam membimbing siswa. Namun, beberapa hambatan juga ditemukan, seperti kurangnya kesadaran dan minat siswa terhadap pentingnya keterampilan membaca. Dampak dari penerapan strategi guru dalam melaksanakan keterampilan membaca melalui pendekatan komunikatif ini cukup signifikan. Siswa menjadi lebih lancar dalam membaca di depan kelas, lancar dalam bercerita , dan lebih terbiasa menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam berkomunikasi. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan komunikatif merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas III di SDN 4 Mlinjon.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa Dan Sastra > Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202157 MUHAMMAD ZUHFRI ZAINUDDIN
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:33
Last Modified: 10 Mar 2025 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56239

Actions (login required)

View Item View Item