KHOLIFATUL MAR'ATUS SHOLIHAH, 126308201009 (2024) PENGARUH SELF CONCEPTTERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA IBU RUMAH TANGGA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Self Concep Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi Shopee Pada Ibu Rumah Tangga” ini ditulis oleh Kholifatul Mar’atus Sholihah dengan NIM 126308201009, Proram studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Kata Kunci: Self Concept, Perilaku Konsumtif, Ibu Rumah Tangga Self concept atau konsep diri diartikan sebagai sesuatu hal apa yang dipikirkan atau proses dalam mempertimbangkan sesuatu dan dirasakan mengenai individu. Self Concept ini juga dideskripsikan sebagai pandangan seseorang tentang diri individu selain itu, juga mengacu pada tindakan dan perilaku pada diri individu Acocella (1990). Perilaku konsumtif atau perilaku konsumen merupakan sikap yang cenderung berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu barang tanpa mempertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan Sumartono (2002). Riset ini punya tujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh self concept terhadap perilaku konsumtif pengguna aplikasi shopee pada ibu rumah tangga. Hipotesis pada penelitian ini yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Desain dari penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausal komparatif untuk menganalisis data. Populasi dalam penelitian ini berjumlah keseluruhan 150. Subjek penelitian yang diambil ialah ibu rumah tangga yang mengakses aplikasi shopee di Desa Sundul Kecamatan Parang Kabupaten Magetan dengan usia 21-40 tahun yang memenuhi kriteria tertentu. Dalam pengambilan sampel peneliti memakai teknik non probability sampling dengan metode pengambilan sampel yang dipilih yaitu metode purposive sampling dan menentukan julah sampel dengan perhitungan memakai rumus slovin dengan eror 5%, dan didapat sampel sebanyak 109 ibu rumah tangga. Sementara itu teknik analisa data statistik yang dipakai pada riset ini yaitu menggunakan uji regresi sederhana, dimana didapatkan hasil nilai Koefisien Determinasi (R) sebesar 0,219 yaitu mendapatkan pengaruh self concept terhadapxvi perilaku konsumtif sebesar 21,9% dengan nilai uji regresi linier sederhana 0,000 < 0,05. Hasil penelitian memperlihatkan bila ada pengaruh yang signifikan dengan arah negatif. Artinya, meningkatnya self concept akan diikuti menurunnya tingkat perilaku konsumtif, begitupun sebaliknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Gaya Hidup Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308201009 KHOLIFATUL MAR'ATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:39 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |