PENGARUH STRATEGI TEAM QUIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA AL- HIKMAH LANGKAPAN TAHUN AJARAN 2016/2017 PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

FARIS ZAIN FAHRUDI, 2814133066 (2018) PENGARUH STRATEGI TEAM QUIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA AL- HIKMAH LANGKAPAN TAHUN AJARAN 2016/2017 PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Al-Hikmah Langkapan Tahun Ajaran 2016/2017 Pada Pokok Bahasan Trigonometri” ini ditulis oleh Faris Zain Fahrudi, NIM 2814133066, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Team Quiz, Hasil Belajar Matematika, Trigonometri. Matematika banyak mendapatkan respon negatif dikalangan siswa khususnya dikalangan siswa menengah atas. Kesulitan yang siswa alami tidak diiringi dengan usaha untuk mengatasi kesulitan tersebut. Pelajaran matematika tidak cukup diajarkan menggunakan metode ceramah dan hanya mengerjakan soal tanpa memperhatikan kemampuan dan kesiapan belajar siswa. Dengan mengerjakannya secara bersama-sama, siswa diharapkan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk memberi respon positif siswa dalam pelajaran matematika perlu strategi khusus, salah satunya dengan menggunakan strategi kolaborasi (kerja sama). Strategi pembelajaran yang dapat menjadikan siswa kolaboratif adalah strategi team quiz. Strategi ini dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Ada atau tidak pengaruh strategi team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan trigonometri. (2) Seberapa besar peningkatkan strategi team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental design. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah strategi team quiz dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika kelas X MA Al-Hikmah Langkapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Al-Hikmah Langkapan yang terdiri dari dua kelas X A dan X B. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh, yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas X A dan X B dengan jumlah siswa 53 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan pedoman dokumentasi, observasi, dan tes. Pedoman dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah, jumlah guru, dan bagan organisasi. observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keadaan pembelajaran matematika di sekolah. Sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan. Berdasarkan hasil penelitian: Ada pengaruh strategi team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan trigonometri dengan nilai thitung = 3,43 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,0076. Diperoleh thitung (3,43) > ttabel (2,0076) maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Al-Hikmah Langkapan tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan trigonometri. Dari perhitungan effect size pada uji-t dengan menggunakan rumus Cohen’s d from t-test, mempunyai pengaruh cukup besar dengan presentase 84%, maka strategi team quiz dapat dijadikan salah satu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133066 FARIS ZAIN FAHRUDI
Date Deposited: 23 Mar 2018 01:33
Last Modified: 23 Mar 2018 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item