KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

MOHAMMAD SULTON ARIF ZAM ZAMI, 12204193075 (2024) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (865kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zam Zami, Mohammad Sulton Arif. 2024. Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Skripsi : Miswanto,M.Pd Kata Kunci: Berpikir Kritis, Kemampuan Matematis, Menyelesaikan Masalah, Soal Cerita. Kemampuan berpikir sangatlah penting dalam pembelajaran matematika, dikarenakan dalam pembelajaran matematika siswa dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah dengan baik. Kemampuan berpikir matematis yang dimiliki siswa, menuntut siswa untuk berpikir secara mendalam dalam melakukan analisis atau evaluasi, menyeleksi, memperhatikan, menilai, dan mengkategorikan informasi sesuai dengan fakta dalam menyelesaikan masalah. Sehingga tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik akan akan menentukan hasil dari setiap penyelesaian masalah yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik berkemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas VIII B MTs Sunan Kalijogo Kalidawir yang berjumlah 25 peserta didik. Dari hasil tes soal cerita ditentukan 6 peserta didik sebagai subjek wawancara yang terdiri dari 2 peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi, 2 peserta didik dengan kemampuan matematis sedang, dan 2 peserta didik dengan kemampuan matematis rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan dari data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis bervariasi dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (1) peserta didik dengan kemampuan matematis tinggi mampu mencapai semua indikator kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari Identify, Define, Enumerate, Analyze, List Reason, Self-correct. (2) peserta didik dengan kemampuan matematis sedang hampir memenuhi semua indikator berpikir kritis, akan tetapi kurang mampu dalam mengnalisis serta memberi kesimpulan pada jawaban. (3) peserta didik dengan kemampuan matematis rendah mereka mampu memenuhi sedikit dari indikator karena hanya mampu memenuhi 2 sampai 3 indikator saja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193075 MOHAMMAD SULTON ARIF ZAM ZAMI
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:38
Last Modified: 26 Mar 2025 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56478

Actions (login required)

View Item View Item