PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL LANGGENG DESA WAJAK LOR

LAILI NUR FITRIANI, 126402201017 (2024) PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL LANGGENG DESA WAJAK LOR. [ Skripsi ]

[img] Text
cover.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Tradisional Langgeng Desa Wajak Lor” ini ditulis oleh laili Nur Fitriani, NIM. 126402201017, Pembimbing: Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Ketidakpuasan konsumen merupakan isu yang sering muncul di pasar tradisional. Ketidakpuasan ini seringkali muncul terkait harga yang tidak sebanding dengan kualitas pelayanan yang lambat dan kurang ramah dan kualitas produk yang tidak selalu segar. Selain itu, etika bisnis yang kurang mengikuti syariat islam seperti transparan, setiap konsumen berbeda harga. Faktor-faktor tersebut mampu mengurangi kepuasan konsumen terhadap pasar tradisional, sehingga perlu pemahaman untuk meningkatkan daya saing dan kepercayaan konsumen. Tujuan Penelitian: 1) menganalisa pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen di pasar tradisional langgeng Desa Wajak Lor. 2) menganalisa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di pasar tradisional langgeng Desa Wajak Lor. 3) menganalisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen di pasar tradisional langgeng Desa Wajak Lor. 4) menganalisa pengaruh etika bisnis islam terhadap kepuasan konsumen di pasar tradisional langgeng Desa Wajak Lor. 5) menganalisa pengaruh harga, kualitas pelayanan, kualitas produk dan etika bisnis islam terhadap kepuasan konsumen di pasar tradisional langgeng Desa Wajak Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengumpulan data melalui data primer. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Desa Wajak Lor, Desa Beji, Desa Kepuh dan Desa Karangrejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 393 orang responden. Penelitian ini menggunakan Analisis Linier Berganda dan diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, menunjukan bahwa harga yang dibayarkan sepadan dengan kualitas dan manfaat yang diterima membuat konsumen merasa puas. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, menunjukan bahwa pelayanan yang didapat konsumen memadai, seperti respons yang cepat, keramahan, dan ketepatan layanan yang menghasilkan konsumen tersebut merasa puas. Kualitas produk berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, menunjukan bahwa kualitas produk tidak sebanding dengan harga dan kualitas produk tidak memenuhi standar atau ekspetasi konsumen seperti barang yang tidak segar. Etika bisnis islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, menunjukan bahwa konsumen memilih perusahaan yang menjalankan bisnis dengan prinsip-prinsip etika islam,seperti kejujuran dalam transaksi dan kepedulian terhadap kesejahteraan mereka, akan merasa dihargai dan diperlakukan dengan adil. Sedangkan secara simultan harga, kualitas pelayanan, kualitas produk dan etika bisnis islam secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian implikasi praktisnya yaitu pedagang dapat meningkatkan harga yang sesuai dengan kualitas produk dan pelayanan, serta etika bisnis yang sesuai dengan syariah islam agar menciptakan kepuasan bagi konsumen. Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Etika Bisnis Islam, Kepuasan Konsumen

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402201017 LAILI NUR FITRIANI
Date Deposited: 05 May 2025 02:23
Last Modified: 05 May 2025 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56587

Actions (login required)

View Item View Item