ANALISIS BUKU AJAR KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI KELAS XI DI TULUNGAGUNG BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS

AGUNG FAJAR SHODIQ, 12212193074 (2024) ANALISIS BUKU AJAR KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI KELAS XI DI TULUNGAGUNG BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Buku Ajar Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kelas XI di Tulungagung Berdasarkan Kategori Literasi Sains” ini ditulis oleh Agung Fajar Shodiq NIM. 1221293074 Program Studi Tadris Kimia yang dibimbing oleh Ifah Silfianah, M.Pd. Kata kunci: Analisis Buku Ajar, Kategori Literasi Sains. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi sains siswa Indonesia dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain kurikulum dan sistem pendidikan, pemilihan metode dan model pengajaran oleh guru, sarana dan fasilitas belajar, sumber belajar, bahan ajar, dan lain sebagainya. Salah satu faktor yang bersinggungan dengan kegiatan pembelajaran siswa adalah sumber belajar berupa buku ajar. Buku ajar harus mengandung aspek literasi sains berupa : sains sebagai pengetahuan, sains sebagai proses investigasi, sains sebagai cara berfikir, sains sebagai interaksi teknologi dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: menganalisis buku siswa mata pelajaran kimia SMA kelas XI dengan penyusun Sudarmo dan Nanik berdasarkan kategori literasi sains, menganalisis buku siswa mata pelajaran kimia SMA kelas XI Sutrisno, Solehudin dan Herlina berdasarkan kategori literasi sains, menganalisis buku siswa mata pelajaran kimia SMA kelas XI Budi Raharjo dan Isprianto berdasarkan kategori literasi sains di kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus yang digunakan adalah buku ajar kimia yang digunakan oleh siswa SMA kelas XI Negeridi Tulungagung pada semeter ganjil. Buku yang dianalisis yaitu Buku kimia kelas XI, pertama Buku kimia edisi revisi penyusun Sudarmo dan Nanik, kedua Buku aktif dan kreatif belajar kimia penyusun Sutrisno, Solehudin dan Herlina dan ketiga Buku kimia berbasis exprerimen penyusun Budi Raharjo dan Isprianto. Untuk teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi dan member check. Sedangkan untuk tahap penelitian melalui pra lapangan, pelaksanaan, analisis data dan penyelesaian. Hasil analisi data pada buku ajar kelas XI yang digunakan di SMA Negeri Tulungagung, diperoleh kesimpulan bahwa literasi sains yang dianalisis memiliki persentase kategori yang tidak seimbang. Hasil persentase pada kategori pengetahuan sains 68,34% (tinggi), sains sebagai proses investigasi 15,11% (rendah), sains sebagai cara berpikir 11,09% (rendah), dan kategori sains sebagai interaksi sains, teknologi, dan masyarakat 6,85% (rendah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang digunakan dalam buku siswa kimia SMA kelas XI di Tulungagung memiliki ruang lingkup yang lebih berorientasi pada kategori pengetahuan sains (the knowledge of science) dan sangat kurang menyajikan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat (interaction of science, technology, and society). Namun dengan demikian, secara keseluruhan buku-buku siswa tersebut telah menggambarkan literasi sains secara utuh dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193074 AGUNG FAJAR SHODIQ
Date Deposited: 28 Apr 2025 01:18
Last Modified: 28 Apr 2025 01:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56835

Actions (login required)

View Item View Item