NAFI’ATUL HASANAH, 12950121032 (2024) MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Multisitus Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung dan Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung). [ Disertasi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (489kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
Abstract
Hasanah, Nafi’atul, 2024, Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Multisitus Di MAN 2 Tulungagung dan MAN 3 Tulungagung). Disertasi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag., Co Promotor: Prof. Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Mutu Terpadu, Kepuasan Pelanggan Mutu pendidikan merupakan sesuatu yang diimplementasikan secara terus menerus. Pengimplementasian mutu pendidikan membutuhkan manajemen mutu terpadu di lembaga pendidikan. Implementasi manajemen mutu terpadu yang baik akan efektif dan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, baik pelanggan internal maupun pelanggan eksternal. Pertanyaan penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kebijakan manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal di MAN 2 Kabupaten Tulungagung dan MAN 3 Kabupaten Tulungagung? 2. Bagaimana budaya manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal di MAN 2 Kabupaten Tulungagung dan MAN 3 Kabupaten Tulungagung? 3. Bagaimana komitmen manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal di MAN 2 Kabupaten Tulungagung dan MAN 3 Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studikasus dan rancangan penelitian studi multisitus (multy-site studies). Teknik pengambilan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Analisis data memakai analisis data kasus tunggal, dengan teknik analisis data: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan analisis lintas situs dengan komparatif konstan. Teknik pengecekan keabsahan temuan dengan kredibilitas, dependenbilitas, konfirmabilitas dan transferabilitas. Hasil penelitian: pertama, kebijakan manajemen mutu di madrasah adalah madrasah dengan ciri khas Islam. Jadi ciri khas dan nilai-nilai keislaman sangat berperan dan menjadi ikon dalam membangun budaya mutu di Madrasah Aliyah Negeri. Namun hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari peran kepala madrasah yang aktif sebagai perancang dan inisiator juga inovator dalam memajukan madrasah tersebut. Kedua, secara teknik pembentukan budaya manajemen mutu dalam meningkatkan kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal hampir sama, namun yang membedakan adalah ciri khas masing-masing madrasah ketika menyepakati nilai-nilai dasar yang dipakai dalam pembudayaan manajemen mutu tersebut. Ketiga, komitmen seluruh personalia madrasah dalam mengimplementasikan manajemen mutu didasari oleh nilai-nilai dasar yang diusung dalam pembentukan budaya manajemen mutu tersebut.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
Depositing User: | S.AP 199212082019032026 Laila Rifa'atul Azizah |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:44 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |