DEA YUANA WATI, 126405213188 (2025) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN PABRIK ROKOK DUA DEWI 2 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (760kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
DAFTRA ISI.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Untuk Mempertahankan Pelanggan Pada Perusahaan Pabrik Rokok Dua Dewi 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Dea Yuana Wati, dibawah bimbingan Rizal Furqan Ramadhan, S.Kom., M.T. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat industri rokok di Indonesia yang menghadapi persaingan ketat dan regulasi yang semakin ketat, seperti PP No. 109/2012. Konsumsi rokok yang stabil dan tingginya prevalensi merokok, terutama di kalangan lakilaki, menunjukkan bahwa rokok telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Dalam kondisi ini, strategi pemasaran, khususnya penerapan marketing mix, menjadi penting untuk mempertahankan pelanggan. Pabrik Rokok Dua Dewi di Kabupaten Tulungagung, yang telah dikenal luas sejak 2004, menjadi fokus penelitian untuk menganalisis peran strategi pemasaran dalam mempertahankan daya saing di tengah tantangan tersebut. Fokus masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran di Pabrik Rokok Dua Dewi 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana hasil penerapan strategi pemasaran di Pabrik Rokok Dua Dewi 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang dilakukan dengan 10 narasumber dan melalui observasi. Untuk mendapatkan kredibilitas data, peneliti melakukan triangulasi, perpanjangan kehadiran, peningkatan ketekunan, diskusi sejawat, dan review informan. Dependabilitas dan konfirmabilitas dilakukan para pembimbing sebagai independen auditor. Hasil penelitian menunjukkan Pabrik Rokok Dua Dewi 2 Ngantru menerapkan strategi pemasaran yang efektif melalui bauran pemasaran (4P), meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Fokus produksi pada varian classic disesuaikan dengan preferensi lokal berdasarkan survei konsumen, sementara strategi harga kompetitif menjaga daya beli tanpa mengorbankan kualitas untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Distribusi produk dilakukan melalui toko ritel dengan pemerataan stok di berbagai wilayah, mencegah kelangkaan akibat fluktuasi produksi dan tingginya permintaan pasar. Promosi dilakukan secara offline, termasuk pemberian sampel gratis dan program Customer Relationship Management (CRM) untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan mitra kerja. Langkah-langkah ini tidak hanya memastikan ketersediaan produk secara merata, tetapi juga menjaga hubungan baik dengan toko ritel, mencegah mereka beralih ke kompetitor, serta memperkuat daya saing produk di pasar. Strategi ini membantu Pabrik Rokok Dua Dewi mempertahankan pangsa pasar, memenuhi kebutuhan konsumen, dan memperkokoh posisinya dalam industri rokok. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran (4P), Loyalitas Pelanggan
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Customer Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405213188 DEA YUANA WATI |
Date Deposited: | 16 May 2025 09:07 |
Last Modified: | 16 May 2025 09:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |