PENGARUH SKALA USAHA DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PENDAPATAN UMKM HALAL DI KABUPATEN NGANJUK

NUR INDAH PRASTIWI, 126402212090 (2025) PENGARUH SKALA USAHA DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PENDAPATAN UMKM HALAL DI KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (892kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Skala usaha, dan Social Media Marketing terhadap Pendapatan UMKM Halal di Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Nur Indah Prastiwi, NIM. 126402212090, dengan pembimbing Vida Maria Ulfa, M. M Kata Kunci: Pendapatan, Skala Usaha, Social Media Marketing Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pendapatan UMKM Halal melalui kepemilikan sertifikasi halal, yang merupakan salah satu unsur terpenting dalam pengembangan penjualan sebuah produk sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 39 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal, Pasal 140 regulasi yang mengatur penerapan kewajiban bersertifikasi halal terutama bagi produk pengolahan produk makanan dan minuman. Pemahaman terkait sertifikasi halal yang masih sangat minim membuat banyak pelaku UMKM Halal di Kabupaten Nganjuk hanya memperhatikan legalitas serta menggunakan logo halal tanpa mendaftakan usahanya pada lembaga terkait, dimana dapat dilakukan secara mandiri melalui web yang disediakan. Penelitian ini berfokus pada apakah faktor skala usaha dan social media marketing berpengaruh terhadap pendapatam UMKM halal di Kabupaten Nganjuk. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh skala usaha terhadap pendapatan UMKM halal di Kabupaten Nganjuk (2) untuk menguji pengaruh social media marketing terhadap pendapatam UMKM halal di Kabupaten Nganjuk (3) untuk menguji skala usaha dan social media marketing berpengaruh terhadap pendapatam UMKM halal di Kabupaten Nganjuk. Metode pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, sumber data yang digunakan ialah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden melalui kuesioner sebagai teknik pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (Uji regresi linier berganda, uji F, uji T, dan uji Koefisien Determinasi) menggunakan aplikasi SPSS Statistic 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skala usaha dan social media marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM halal di Kabupaten Nganjuk. Secara parsial, baik variabel skala usaha maupun variabel social media marketing dikatakan kedua variabel tersebut secara parsial memiliki pengaruh terhadap pendapatan UMKM halal di Kabupaten Nganjuk. Dilihat dari nilai R Square yang diperoleh menunjukkan bahwa kontribusi atau pengaruh yang diberikan oleh variabel skala usaha dan social media marketing terhadap pendapatan UMKM halal di Kabupaten Nganjuk ialah sebesar 83,1% dan sisanya 16,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan variabe atau faktor-faktor lainnya terutama yang erat kaitannya dengan sertifikasi halal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402212090 NUR INDAH PRASTIWI
Date Deposited: 28 May 2025 06:12
Last Modified: 28 May 2025 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57672

Actions (login required)

View Item View Item