PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

FATMAWATI LAILI MONICA, 126204211026 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung" ini ditulis oleh Fatmawati Laili Monica, NIM. 126204211026, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika, Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kahoot, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Aljabar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan belum sesuai. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran problem based learning, dimana model ini menekankan pemecahan masalah nyata dan mendorong siswa untuk berpikir reflektif. Untuk menunjang efektivitas model ini, dibutuhkan media interaktif seperti Kahoot. Kahoot sebagai platform kuis berbasis game memungkinkan proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan mengintegrasikan problem based learning dan Kahoot dalam pembelajaran, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis quasi experimental research dengan desain posttest-only control group. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas VII-C sebagai kelas dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Adapun uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung. (2) Besar pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan Kahoot terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada materi aljabar kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut Tulungagung adalah sebesar 1,222 atau dalam persentase (%) sebesar 88% dengan kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211026 FATMAWATI LAILI MONICA
Date Deposited: 10 Jun 2025 01:55
Last Modified: 10 Jun 2025 01:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57695

Actions (login required)

View Item View Item