PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN JAMBEWANGI SELOPURO BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

ARIN NAILA MALICHAH, 2814133018 (2017) PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN JAMBEWANGI SELOPURO BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Persepsi Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Jambewangi Tahun Ajaran 2016/2017” yang ditulis oleh Arin Naila Malichah ini dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan Numerik, Persepsi, Hasil Belajar Matematika selalu dihubungkan dengan kajian yang abstrak, sehingga menuntut siswa untuk berfikir kritis, logis, dan sistematis. Kemampuan dalam berfikir tersebut dapat mengembangkan kecerdasan numerik yang dimiliki siswa, juga memunculkan persepsi siswa pada matematika. Kecerdasan numerik dan persepsi siswa dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Maka, jika kemampuan numerik siswa berkembang dengan baik dan persepsi siswa pada matematik positif, maka hasil belajar yang dicapai siswa optimal. Dengan hal ini penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap hasil belajar belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 (2) Mengetahui pengaruh persepsi siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 (3) Mengetahui pengaruh kemampuan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 173 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi, tes dan angket. Analisis data menggnakan teknis analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar tahun ajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 36,8% (2) Ada pengaruh persepsi siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar tahun ajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 23,4% (3) Ada pengaruh kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar tahun ajaran 2016/2017, dengan pengaruh sebesar 46,6%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133018 ARIN NAILA MALICHAH
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:45
Last Modified: 18 Aug 2017 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item