STRATEGI GURU DALAM MENGENALKAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER DI TK AL HIDAYAH BALONG BENDOSARI SANANKULON BLITAR

RISMA NURHIDAYATI, 12206193021 (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGENALKAN KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER DI TK AL HIDAYAH BALONG BENDOSARI SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhidayati, Risma. 2024. Strategi Guru Dalam Mengenalkan Konsep Bilangan Melalui Penerapan Teori Brunner di TK Al Hidayah Balong. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Musrikah, S.Pd.I M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Konsep Bilangan, Teori Bruner Anak usia dini berdasarkan teori kognisi Piaget dalam Andini Dwi Arumsari yaitu usia 2 sampai dengan 7 tahun merupakan periode emas (golden age) yang berada pada tahapan praoperasional konkrit yaitu Perkembangan kemampuan menggunakan simbol untuk melambangkan objek di dunia ini. Pemikiran masih terus bersifat egosentris dan Terpusat. Dalam Proses Mengenalkan bilangan pada anak seorang guru perlu mengetahui tahapan-tahapan dalam pembelajaran berhitung guru juga harus mengatur strategi dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Guru di TK Al Hidayah Balong. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah; (1) Bagaimana strategi guru dalam mengenalkan konsep bilangan melalui tahap enaktif di TK Al Hidayah Balong. (2) Bagaimana strategi guru dalam mengenalkan konsep bilangan mellaui tahap ikonik di TK Al Hidayah Balong. (3) Bagaimana strategi guru dalam mengenalkan konsep bilangan mellaui tahap simbolik di TK Al Hidayah Balong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah, dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Pengenalan konsep bilangan melalui tahapan enaktif yaitu Guru mengenalkan bilangan melalui objek nyata seperti bola, balok, dan juga manik-manik sehingga anak mudah mengingat bilangan melalui benda tersebut. 2) Pengenalan konsep bilangan melalui tahapan ikonik yaitu Guru mengenalkan bilangan dengan mengganti benda nyata pada tahap sebelumnya menjadi sebuah ikon atau berupa gambar yang menunjukkan jumlah dari bilangan tersebut. 3) Pengenalan konsep bilangan melalui tahapan simbolik yaitu Guru mengenalkan bilangan yang berupa simbol, atau lambang dari bilangan tersebut Guru memberikan contoh lambang bilangan dengan cara menulis di papan tulis, dan menebalkan bilangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193021 RISMA NURHIDAYATI
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:18
Last Modified: 11 Jun 2025 02:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57902

Actions (login required)

View Item View Item