KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SKI DI MTsN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

DWI SIKA NUR ROHMAH, 2811133073 (2017) KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SKI DI MTsN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran SKI di MTsN Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Dwi Sika Nur Rohmah, NIM. 2811133073, pembimbing Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : Kreativitas dan Metode Pembelajaran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang berbeda antar satu madrasah dengan yang lainnya, dalam prosesnya perlu adanya gambaran secara mendalam tentang proses pembelajaran yang dilakukan, upaya guru dalam mengelola proses pembelajaran dipandang sebagai keunikan guru dalam kreativitasnya. Namun dalam kenyataanya kreativitas guru antar madrasah satu dengan yang lain tidaklah sama, untuk itu peneliti akan membahas dan menggambarkan lebih dalam tentang kreativitas guru di MTsN Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Adapun Fokus penelitian: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran secara variatif pada mata pelajaran SKI di MTsN Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?, (2) Bagaimana kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran secara kolaboratif dengan media pada mata pelajaran SKI di MTsN Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?, (3) Apa saja yang menjadi faktor pendorong dan penghambat kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran mata pelajaran SKI di MTsN Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini mengguakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Sumber data pada peneitian ini adalah person, paper dan place. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik pengecekan keabsahan data melalui Meningkatkan ketekunan/keajekan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut: (1) Kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran secara variatif pada mata pelajaran SKI di MTsN Tulungagung dilakukan dengan teknik-teknik pembelajaran tertentu. Metode yang sering digunakan guru MTsN Tulungagung adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, peta konsep (mind mapping), drill, menghafal cepat, dan sosio drama kemudian dilaksanakan dengan teknik pembelajaran make a macth, card short, talking stick, dan snowball throwing. Adapun pertimbangan guru dalam pemilihan metode yaitu keadaan siswa, materi pembelajaran yang diajarkan, dan kemampuan guru dalam penggunaan metode. (2) Kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran kolaboratif dengan media pada mata pelajaran SKI di MTsN Tulungagung lebih mengoptimalkan penggunaan media visual dan audiovisual, sedangkan penggunaan jenis media visual tidak dioptimalkan. Media audio visual yang digunakan adalah film dan video , sedangkan media jenis visual adalah peta konsep untuk membantu metode main mapping, dan media cetak seperti buku paket dan LKS. Adapun menjadi pertimbangan guru dalam penggunaan media adalah kondisi siswa, materi pelajaran yang disampaikan, media yang digunakan hemat dan mudah didapat. (3) Faktor pendorong kreativitas: a) Dorongan dari dalam pribadi guru sebagai bentuk tanggung jawab profesi, b) Keinginan guru untuk meningkatkan pengetahuan siswa, c) Semangat anak dalam belajar, d) Kebijakan Madrasah berupa pelatihan untuk guru, e) Sarana dan prasarana. Faktor penghambat kretivitas adalah: a) Lemahnya rasa bertanggung jawab dalam diri guru, b) Masalah yang ada pada diri guru diluar pembelajaran, c) Kemampuan siswa dalam menerima cara mengajar guru dengan metode atau media tertentu yang telah direncanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133073 DWI SIKA NUR ROHMAH
Date Deposited: 18 Aug 2017 07:55
Last Modified: 18 Aug 2017 07:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5793

Actions (login required)

View Item View Item