STRATEGI BLUE OCEAN HUMAS DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEKOLAH (Studi Kasus di SMKN 1 Boyolangu)

KARTIKA APRILLIANA, 126207211015 (2025) STRATEGI BLUE OCEAN HUMAS DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEKOLAH (Studi Kasus di SMKN 1 Boyolangu). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (207kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Blue Ocean Humas Dalam Membangun Reputasi Sekolah: Studi Kasus di SMKN 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Kartika Aprilliana, NIM. 126207211015, pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Strategi Blue Ocean, Humas, Reputasi Latar belakang dari penelitian ini adalah reputasi sekolah menjadi semakin penting di era digital saat ini, dengan reputasi yang baik membantu sekolah menarik siswa baru, meningkatkan kepercayaan masyarakat dan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, oleh karena itu strategi Blue Ocean ini dipilih untuk menciptakan peluang baru di SMKN 1 Boyolangu dan keluar dari persaingan yang ada saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun fokus masalah penelitian ini sebagai berikut : 1. Bagaimana cara merekonstruksi batasan pasar dalam membangun reputasi sekolah? 2. Bagaimana rangkaian strategis dalam membangun reputasi sekolah ? 3. Bagaimana skema Hapuskan, Kurangi, Tingkatkan, Ciptakan (H-K-T-C) dalam membangun reputasi sekolah?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMKN 1 Boyolangu berhasil menerapkan strategi Blue Ocean dengan menciptakan program keahlian unik (Alfamart class, industri kreatif), model pembelajaran inovatif (business center, Teaching Factory), komunikasi humas yang optimal melalui media sosial, dan program unggulan (kelas International Jepang, young entrepreneur contest). Selain itu, sekolah juga menerapkan rangkaian strategis secara menyeluruh, termasuk penyusunan visi misi relevan, koordinasi antar waka, pelaksanaan program berkualitas, keterlibatan pemangku kepentingan, kerja sama industri, dan evaluasi berkelanjutan. Skema H-K-T-C diterapkan dengan menghapus program yang tidak efektif, mengurangi metode pembelajaran berpusat pada guru, meningkatkan mutu guru dan fasilitas, serta menciptakan inovasi baru seperti jumat sehat, jumat religi, jumat bersih dan praktik langsung di luar kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Blue Ocean efektif dalam membangun reputasi sekolah melalui inovasi, kreativitas, dan keterlibatan pemangku kepentingan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211015 KARTIKA APRILLIANA
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:58
Last Modified: 10 Jun 2025 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57937

Actions (login required)

View Item View Item