SOVIA DWI INDRIANI, 126205212128 (2025) STRATEGI MENUMBUHKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DI MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Menumbuhkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Sovia Dwi Indriani, NIM. 126205212128, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran CPS. Model Pembelajaran CPS adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada kemampuan pemecahan masalah secara kreatif. Dalam penelitian ini, CPS diterapkan pada kelompok peserta didik di tingkat sekolah dasar untuk melihat dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif mereka, yang mencakup aspek seperti pemecahan masalah, dan kemampuan menghasilkan ide-ide. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV di MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan model pembelajaran CPS dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu melakukan asesmen diagnostik awal dan membuat modul ajar. (2) Pelaksanaan model pembelajaran CPS yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu memberikan stimulus kepada peserta didik, memberi kesempatan peserta didik berpikir kreatif, memberi panduan, dan fasilitas diskusi, membantu dalam mengatasi hambatan, memberi umpan balik. (3) Evaluasi model pembelajaran CPS yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yaitu dengan memberi soal kepada peserta didik dan melakukan tanya jawab dengan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205212128 SOVIA DWI INDRIANI |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:15 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |