PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR

YUSUF DWINANDA PUTRAWIJAYA, 126208212048 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di kelas VII SMPN 2 Kalidawir. Kondisi ini diduga disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan masih berfokus pada guru. Fakta tersebut diperkuat dengan hasil wawancara dengan guru IPA SMPN 2 Kalidawir bahwa banyak siswa dengan nilai dibawah KKM sekolah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penggunaan model pembelajaran yang lebih bisa memancing motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan khususnya di era abad-21 pada mata pelajaran IPA adalah Auditory, Intelectually, Repetition (AIR). Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap motivasi belajar siswa materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII SMPN 2 Kalidawir. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII SMPN 2 Kalidawir. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII SMPN 2 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain yang dipakai Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 2 Kalidawir berjumlah 104 siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model AIR sebanyak 33 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Direct Instruction sebanyak 33 siswa, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui angket motivasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar dan uji MANOVA untuk menguji perbedaan antara motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model AIR terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, 2) Ada pengaruh model AIR terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,016. 3) Ada pengaruh model AIR terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Analisis lanjutan menggunakan uji MANOVA memperkuat temuan tersebut, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Ekosistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208212048 YUSUF DWINANDA PUTRAWIJAYA
Date Deposited: 25 Jun 2025 08:09
Last Modified: 25 Jun 2025 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58162

Actions (login required)

View Item View Item