PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ALDELIA YUNISA PUTRI, 126205212091 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Aldelia Yunisa Putri dengan NIM 126205212091. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di dalam kelas cenderung diarahkan untuk menghafal dan kemampuan berpikir kreatif siswa masih dianggap rendah karena kurangnya inovasi dan kreativitas dari para guru dalam proses pembelajaran di kelas. Maka dari itu peneliti memilih model pembelajaran berbasis proyek untuk kemampuan berpikir kreatif siswa karena siswa tidak hanya terlibat aktif dalam proses pembelajaran tetapi juga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV untuk meningakatkan kemampuan berpikir kreatif. (2) untuk mengetahui hambatan dan solusi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian di laksanakan di MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir. Teknik pengumpulan data menggunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan (implementasi), evaluasi. Perencanaan meliputi pemilihan materi yang akan diterapkan, penyusunan modul ajar. Implementasi meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada implementasi model berbasis proyek ini menerapkan sintaks model pembelajaran berbasis proyek seperti pertanyaan atau masalah utama, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal, memantau siswa dan kemajuan proyek, penilaian hasil dan evaluasi pengalaman. (2) Hambatan dan solusi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV yaitu adanya perbedaan kemampuan antara peserta didik sehingga mengalami kesulitan memahami materi, siswa tidak langsung mengerti, dan waktu yang terbatas untuk menyelesaiakn proyek. Solusi untuk masalah tersebut guru memberikan proyek yang berkaitan dengan masalah nyata membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar, membantu siswa dalam pembagian oeran dalam kelompok, pendampingan guru secara terus-menerus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212091 ALDELIA YUNISA PUTRI
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:30
Last Modified: 18 Jun 2025 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58215

Actions (login required)

View Item View Item