RIFKY SEPTIAN ARDHANA, 126210212081 (2025) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA FILM GURU-GURU GOKIL DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DRAMA DI MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (969kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Ardhana, Septian, Rifky. 2025. Struktur Kepribadian Tokoh Utama Film Guru-Guru Gokil dan Implikasinya sebagai Alternatif Bahan Ajar Drama di MTsN 6 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Muyassaroh, S.S, M.Pd. Kata kunci : Bahan ajar, Film, Guru-Guru Gokil, Implikasi, Struktur kepribadian. Kurikulum Merdeka memberikan penekanan pada penguatan karakter peserta didik serta pengembangan kompetensi literasi melalui pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual dan bermakna. Dalam konteks pembelajaran sastra, kurikulum ini mendorong peserta didik tidak hanya untuk mengapresiasi karya sastra, tetapi juga untuk mengekspresikan kreativitas melalui penulisan, termasuk penulisan naskah drama. Salah satu aspek penting dalam penulisan naskah drama adalah pemahaman mendalam terhadap struktur kepribadian tokoh yang dapat dianalisis melalui pendekatan psikologi sastra. Film Guru-Guru Gokil karya Sammaria Simanjuntak dipilih sebagai objek penelitian karena memuat representasi struktur kepribadian tokoh utama yang kompleks dan relevan untuk dianalisis serta dijadikan alternatif bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam film Guru-Guru Gokil berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud, dan (2) mendeskripsikan implikasi hasil analisis tersebut sebagai alternatif bahan ajar drama di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi, wawancara, serta teknik simak dan catat terhadap tuturan dan tindakan tokoh dalam film. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan menitikberatkan pada struktur kepribadian yang mencakup aspek id, ego, dan superego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama, Taat Pribadi, merepresentasikan sembilan struktur kepribadian yang diklasifikasikan ke dalam tiga aspek. Aspek id meliputi dorongan hasrat dan keinginan, ketidakpuasan, serta tindakan impulsif. Aspek ego mencakup pengambilan keputusan secara rasional, kemampuan menyesuaikan diri dengan realitas, serta kemampuan melakukan kompromi antara dorongan id dan nilai-nilai superego. Aspek superego tercermin dalam sikap moral dan etika, kepedulian sosial, serta rasa tanggung jawab terhadap orang lain. Berdasarkan hasil tersebut, film Guru-Guru Gokil dinilai layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar drama karena mampu menjadi sarana pengembangan karakter serta media eksplorasi kreativitas peserta didik dalam menulis naskah drama yang berlandaskan pada analisis psikologis tokoh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Film Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Bahasa Dan Sastra > Sastra Bahasa Dan Sastra > Writing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210212081 RIFKY SEPTIAN ARDHANA |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 10:46 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 10:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |