KEMAMPUAN PENALARAN SISTEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR

PRUYSTIN AISYAH NURFAZILA, 126204212114 (2025) KEMAMPUAN PENALARAN SISTEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pruystin Aisyah, Nurfazila. 2025. Kemampuan Penalaran Sistematis Siswa Dalam Mengerjakan Soal Aljabar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Sutojayan Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Sistematis, Gaya Belajar, Pembelajaran Visual, Pembelajaran Auditori, Pembelajaran Kinestetik, Aljabar, Studi Kasus. Kemampuan penalaran sistematis siswa merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal aljabar yang membutuhkan pemikiran logis dan terstruktur. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam memahami dan memproses informasi, yang dipengaruhi gaya belajar mereka. Gaya belajar setiap siswa berbeda-beda, diantaranya gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan bernalar sistematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan soal aljabar (2) mendeskripsikan kemampuan bernalar sistematis siswa dengan gaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal aljabar (3) mendeskripsikan kemampuan bernalar sistematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X-7 yang dipilih berdasarkan hasil gaya belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi angket gaya belajar, tes soal aljabar, wawancara, serta observasi selama proses penyelesaian tes soal. Data yang diperoleh dianalisis secara studi kasus untuk mengidentifikasi karakteristik penalaran sistematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan aljabar ditinjau dari gaya belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan gaya belajar visual cenderung menuliskan informasi secara terstruktur dan jelas selama pemecahan masalah berlangsung (2) siswa dengan gaya belajar auditorial cenderung berpikir cepat dan kurang terbiasa bekerja secara sistematis (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung memahami konsep ketika mereka dapat melakukan sesuatu untuk mewakili atau mengolah informasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212114 PRUYSTIN AISYAH NURFAZILA
Date Deposited: 27 Jun 2025 04:02
Last Modified: 27 Jun 2025 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58584

Actions (login required)

View Item View Item