NOFIA AGENG KINASIH, 126211211027 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Energi Terbarukan Kelas X SMAN 1 Sutojayan Blitar” ditulis oleh Nofia Ageng Kinasih, NIM. 126211211027, pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode ceramah dengan pendekatan teacher centered yang masih dominan di SMAN 1 Sutojayan Blitar, di mana guru berperan sebagai sumber utama informasi dan siswa cenderung pasif. Situasi ini mengakibatkan rendahnya motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama pada materi energi terbarukan yang sulit dipahami. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi belajar pada materi Energi Terbarukan. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan. (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Energi Terbarukan. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Exsperiment, yaitu Post-test Only Control Group Design. Variabel bebas adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel diambil dari siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan Blitar dengan teknik purposive sampling, melibatkan 70 siswa dari dua kelas yaitu, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, T-Test, dan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi belajar kelas X SMAN 1 Sutojayan Blitar dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,001<0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan Blitar dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,008<0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Sutojayan Blitar dibuktikan dengan hasil uji T menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,000<0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211027 NOFIA AGENG KINASIH |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:38 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |