PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RIMA KUMALASARI, 126211211029 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Energi Terbarukan Kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Rima Kumalasari, NIM. 126211211029, pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas., S.Si, M.Pd. Kata Kunci: kooperatif tipe STAD, keaktifan, kemampuan berpikir kritis Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keaktifan siswa yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru dan sumber informasi didapatkan dari guru dengan model konvensional. Di mana siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, kemudian siswa disuruh mengerjakan latihan soal. Hal ini menyebabkan kurangnya keaktifan siswa saat proses pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dengan masih adanya siswa yang cenderung pasif di kelas, mereka tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, dan masih ada siswa yang asik mengobrol dengan temannya. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pembelajaran fisika, disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih terkesan membosankan dan membuat siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan siswa materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kalidawir dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk mengukur keatifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung dan tes soal untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-T dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan siswa pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung dibuktikan uji T menunjukkan bahwa Sig. (2- tailed) 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. (2) terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung dibuktikan uji T menunjukkan bahwa Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. (3) terdapat pengaruh model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Kalidawir Tulungagung dibuktikan uji MANOVA menunjukkan bahwa Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211029 RIMA KUMALASARI
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:08
Last Modified: 11 Jul 2025 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59344

Actions (login required)

View Item View Item