STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN DI MI AL-MA'ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG

YUYUN PUTRI INTAN PUSPITA SARI, 126205212182 (2025) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA RAHMATAN LIL ALAMIN DI MI AL-MA'ARIF GENDINGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Mandiri Peserta Didik melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung” ini ditulis oleh Yuyun Putri Intan Puspita Sari, NIM. 126205212182. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Zainudin, S.Ag., M.Pd.I., NIP. 196911182000031002. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Mandiri, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian bagi peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga seorang pendidik harus dapat membentuk karakter mandiri peserta didik terutama terkait kemandirian dalam belajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan peserta didik dapat terbiasa untuk menerapkan kemandirian. Kemandirian merupakan kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berpikir dan bertindak serta tidak bergantung pada orang lain secara emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk karakter mandiri melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter mandiri melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung, (3) mendeskripsikan hasil yang dicapai dalam pembentukan karakter mandiri melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin di MI Al-Ma’arif Gendingan Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam membentuk karakter mandiri peserta didik melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin yaitu memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengeksplor diri mereka dengan mengenali bakat dan minat, menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi, melalui pembiasaan di madrasah, guru menjadi tauladan yang baik bagi peserta didik, memberikan sanski positif kepada peserta didik yang melanggar peraturan di madrasah; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter mandiri melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin meliputi kepribadian diri peserta didik, peran orang tua dan guru dalam memberikan dukungan dan motivasi, komunikasi yang baik antara pihak madrasah dengan orang tua, kurangnya dukungan dan peran orang tua saat peserta didik berada di rumah, sarana dan prasaran madrasah yang kurang memadai, kurangnya persiapan dan kemampuan guru dalam membuat modul ajar; (3) Hasil yang dicapai dalam membentuk karakter mandiri peserta didik melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin ini adalah peserta didik dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas tanpa bantuan dari orang lain, memiliki inisiatif, mampu berpikir kritis, percaya diri, dan kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212182 YUYUN PUTRI INTAN PUSPITA SARI
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:51
Last Modified: 23 Jul 2025 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59898

Actions (login required)

View Item View Item