SHELVIA FRIDE PATRICIA, 126204212111 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KREATIVITAS SISWA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (857kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Patricia, Shelvia Fride. 2025. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan PowerPoint Interaktif Terhadap Kreativitas Siswa Materi Barisan dan Deret Kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.pd., M. Si. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), PowerPoint Interaktif, Kreativitas. Rendahnya kreativitas siswa dalam mata pelajaran matematika disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran ekspositori. Minimnya inovasi media pembelajaran yang digunakan pendidik mejadi faktor lain yang dapat menyebabkan kurangnya kreativitas, siswa hanya diberikan pemahaman, mendengarkan, lalu menulis materi yang telah diajarkan sehingga siswa cenderung pasif dan merasa bosan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa adalah Project Based Learning (PjBL) berbantuan media PowerPoint interaktif, sehingga siswa dapat tertarik dengan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test (uji-t) dan uji Cohen’s d Effect Size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,013. 2) Besar pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung sebesar 0,56 dengan kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212111 SHELVIA FRIDE PATRICIA |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 06:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |