PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KREATIVITAS SISWA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

SHELVIA FRIDE PATRICIA, 126204212111 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KREATIVITAS SISWA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Patricia, Shelvia Fride. 2025. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan PowerPoint Interaktif Terhadap Kreativitas Siswa Materi Barisan dan Deret Kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.pd., M. Si. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), PowerPoint Interaktif, Kreativitas. Rendahnya kreativitas siswa dalam mata pelajaran matematika disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran ekspositori. Minimnya inovasi media pembelajaran yang digunakan pendidik mejadi faktor lain yang dapat menyebabkan kurangnya kreativitas, siswa hanya diberikan pemahaman, mendengarkan, lalu menulis materi yang telah diajarkan sehingga siswa cenderung pasif dan merasa bosan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa adalah Project Based Learning (PjBL) berbantuan media PowerPoint interaktif, sehingga siswa dapat tertarik dengan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung. Sampel penelitian ini adalah kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t Test (uji-t) dan uji Cohen’s d Effect Size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,013. 2) Besar pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan PowerPoint interaktif terhadap kreativitas siswa materi barisan dan deret kelas X SMAN 1 Kauman Tulungagung sebesar 0,56 dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212111 SHELVIA FRIDE PATRICIA
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:34
Last Modified: 28 Jul 2025 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60106

Actions (login required)

View Item View Item