APRILIA YOLA AZHARI, 126209211006 (2025) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DALAM MENGOPTIMALKAN NILAI KARAKTER RESPECT PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (694kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Penerapan Strategi Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Sosiologi Dalam Mengoptimalkan Nilai Karakter Respect Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Aprilia Yola Azhari NIM. 126209211006, pembimbing Dr. Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Penerapan, Karakter Respect, Sosiologi Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, melalui pendidikan karakter diharapkan dapat menjadi perubahan terhadap pendidikan di tanah air, semakin maraknya tindakan kriminal yang dilakukan oleh para pelajar, sehingga pendidikan karakter dirasa tepat untuk mencegah kegiatan-kegiatan yang negative tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah pada penelitian ini berkaitan dengan proses penerapan strategi pembelajaran PBL pada mata pelajaran Sosiologi, bentuk mengoptimalkan karakter respect, dan faktor pendorong dan penghambart dari penerapan strategi PBL. Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui strategi pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI peserta didik MAN 1 Trenggalek. 2) mengetahui nilai karakter respect kelas XI peserta didik MAN 1 Trenggalek. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi PBL pada peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1) strategi pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI peserta didik MAN 1 Trenggalek untuk meningkatkan karakter respect pesert didik adalah dengan menyusun susunan pembelajaran peserta didik. Menyesuaikan kajian materi pada mata pelajaran Sosiologi yang dijadikan acuan untuk penetapan strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan karakter respect peserta didik. Penerapan metode pembelajaran ditetapkan sesuai dengan acuan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. 2) mengoptimalkan karakter respect peserta didik ditandai dengan meningkatnya sikap sopan santun dengan menggunakan bahasa yang baik. Sikap sopan dan santun yang merupakan bentuk dasar sikap kehidupan. Sikap tersebut menunjukkan peserta didik hormat kepada pendidik atau guru yang ada di sekolah. 3) faktor pendorong pada proses pembelajaran karakter ini atas dukungan dari semua pihak baik itu kepala madrasah, guru, orang tua dan peserta didik. Ketegasan dan keuletan tenaga pendidik dalam memberikan motivasi dan teguran kepada peserta didik.Sedangkan faktor penghambat dalam proses mengoptimalkan karakter resepct peserta didik ini adanya rasa malas peserta didik dengan keberagaman latar peserta didik. Terdapat perilaku tidak kurang disiplin dan kurang tanggungjawab.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Sosiologi Agama > Budaya Bullying Ilmu Pengetahuan Sosial Kesejahteraan Sosial Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Karakter Pendidikan > Pendidikan Tinggi Pendidikan > Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi Sosiologi Agama Sosiologi Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran Sumber Daya Manusia Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211006 APRILIA YOLA AZHARI |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:38 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |