STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Pada Jasa Penjahit Jihan Wear di Tulungagung)

RIZQI SURYA ADY PUTRA, 126405211052 (2025) STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Pada Jasa Penjahit Jihan Wear di Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan (Studi pada Jasa Penjahit Jihan Wear di Tulungagung)” yang ditulis oleh Rizqi Surya Ady Putra, NIM. 126405211052, Dosen Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Sosial, Penjualan, Jasa Jahit, UMKM Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan media sosial oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam upaya menjangkau pasar yang lebih luas. Jihan Wear sebagai salah satu UMKM di bidang jasa jahit pakaian memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Strategi ini dianggap mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan penjualan dan eksistensi usaha di tengah persaingan industri fashion yang semakin ketat. Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan Jihan Wear melalui media sosial?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pemasaran media sosial oleh Jihan Wear? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran yang digunakan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan pemilik usaha, karyawan, dan konsumen Jihan Wear, serta dokumentasi aktivitas pemasaran digital. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi pemasaran yang diterapkan Jihan Wear berbasis bauran pemasaran (4P), yaitu produk dengan kualitas jahitan yang disesuaikan kebutuhan pelanggan, harga kompetitif yang mempertimbangkan bahan dan desain, distribusi yang dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp, serta promosi aktif berupa unggahan visual, testimoni pelanggan, dan interaksi langsung. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan jumlah penjualan sejak tahun 2023. 2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi ini meliputi kemudahan akses media sosial, loyalitas pelanggan, dan kreativitas pemilik dalam menyajikan konten promosi. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah keterbatasan sumber daya manusia, persaingan usaha sejenis yang tinggi, serta perubahan algoritma media sosial. Meskipun demikian, kekuatan internal Jihan Wear menunjukkan potensi besar untuk terus mengembangkan strategi pemasaran digital secara berkelanjutan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > E-Commerce
Ekonomi > Harga
Media Sosial
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Produksi
Ekonomi > Promosi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405211052 RIZQI SURYA ADY PUTRA
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:11
Last Modified: 04 Aug 2025 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60327

Actions (login required)

View Item View Item