DEWI SOPHIA ARIANI, 126209211011 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS, MOTIVASI SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh metode pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis, Motivasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Perdagangan Internasional Mtsn 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Dewi Sophia Ariani, NIM 126209211011, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Hendra Pratama, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Solving, Berfikir Kritis, Motivasi Belajar Penelitian ini di latar belakangi dengan kurang motivasi belajar dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial masih sering di jumpai bahwa peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti bertanya apabila belum mengetahui materi tersebut, menyanggah pernyataan dari teman, ataupun menjawab pertanyaan yang sudah di ajukan oleh teman ataupun guru. Rumusan masalah yang di teliti adalah 1) Apa pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar 2) Apa pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar 3) Apa pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis pada kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap motivasi belajar siswa pada kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuantitatif Quasi Experimen. Populasi pada penelitian ini yakni semua siswa kelas VIII MtsN 1 Kota Blitar. Sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII B dan kelas VIII I terdiri dari 38 dan 36 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample Test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa materi perdagangan internasional kelas VIII Mtsn 1 Kota Blitar, dibuktikan dari perolehan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,73 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi perdagangan internasional kelas VIII Mtsn1Kota Blitar, dibuktikan dari perolehan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Model pembelajaran problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi perdagangan internasional kelas VIII Mtsn 1Kota Blitar, dibuktikan dari perolehan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,01 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211011 DEWI SOPHIA ARIANI |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:10 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |