PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK

SURYA GALUH ANGGRAENI, 2817133190 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV MI NURUL HUDA DAWUHAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek” ini ditulis ole Surya Galuh Anggraeni, NIM. 2817133190, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Pembelajaran di kelas masih banyak di dominasi oleh guru. Sehingga peserta didik cenderung pasif ketika pembelajaran berlangsung. Dalam hal ini, peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan proses atau langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek yang terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan (3) tahap observasi (4) tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanyamenggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. . Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam meningkat. Hal ini dapat dilihat dari prosentase ketuntasan peserta didik pada tes awal 20,83%, dilanjutkan pada siklus I prosentase ketuntasan meningkat menjadi 58,33%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat lagi menjadi 83,33%. (2) Hasil belajar afektif peserta didik juga terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi sikap kerjasama dan keaktifan peserta didik. Hasil observasi kerjasama peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan prosentase nilai rata-ratanya berturu-turut yaitu 74,73% ; 87,23%. Hasil observasi keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan prosentase nilai rata-ratanya berturut-turut yaitu 74,21% ; 85,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik kelas IV MI Nurul Huda Dawuhan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133190 SURYA GALUH ANGGRAENI
Date Deposited: 14 Sep 2017 07:26
Last Modified: 14 Sep 2017 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item